1.350 Penari Pukau Ribuan Penonton di Festival Gandrung Sewu “Payung Agung”

by -1231 Views
Wartawan: Teguh Prayitno
Editor: Herry W. Sulaksono
iklan aston

Banyuwangi, seblang.com – Gelaran Festival Gandrung Sewu kembali mencuri perhatian ribuan penonton yang memadati Pantai Marina Boom, Banyuwangi, Sabtu (26/10/2024). Pertunjukan kolosal berkelas dunia ini menampilkan 1.350 penari Gandrung yang membawakan tema “Payung Agung” The Diversity of Culture.

Festival yang masuk dalam Kharisma Event Nusantara (KEN) sejak 2023 ini mengangkat kekayaan ragam budaya nusantara yang hidup harmonis di Banyuwangi. “Gandrung Sewu Payung Agung adalah cerminan keelokan dari keragaman budaya yang ada di Banyuwangi, tempat dimana tradisi dan nilai hidup saling berinteraksi. Meskipun berbeda kita menghargai menghormati mendukung satu sama lain,” kata Plt Bupati Banyuwangi, Sugirah saat membuka event tersebut.

iklan aston
debat capres

Sugirah menegaskan, Gandrung Sewu yang telah digelar sejak 2012 ini bukan sekadar merayakan kekayaan budaya, tetapi juga mengajak semua pihak berperan aktif melestarikannya. “Kemasan tradisi dalam format modern seperti Gandrung Sewu kami yakini akan melestarikan kekayaan seni budaya lokal sambil menarik generasi muda untuk terus melestarikannya,” ujarnya.

Pagelaran tari kolosal tahun ini menggambarkan harmonisasi berbagai suku di Banyuwangi dan upaya mereka menjaga persatuan saat terjadi konflik. Tokoh Umar Moyo yang bijak bestari dalam menjaga harmonisasi hubungan antar suku turut dimunculkan dalam pertunjukan. Para penari Gandrung membentuk beragam formasi memukau yang mengundang aplaus dari ribuan penonton.

Staf Ahli Menteri Bidang Inovasi dan Kreativitas Kementerian Pariwisata, Restog Krisna Kusuma, mengapresiasi upaya Pemkab Banyuwangi mendorong kemajuan pariwisata dan ekonomi kreatif melalui penyelenggaraan event berkualitas. “Gandrung Sewu ini tidak terlepas dari inovasi serta peningkatan kualitas pelaksanaan dari tahun ke tahun sehingga menjadi event unggulan yang menjadi daya tarik bagi wisatawan domestik dan mancanegara,” ujarnya.

“Event ini juga contoh bagaimana kolaborasi dan sinergi lintas sektor dalam menggerakkan ekonomi daerah dengan melibatkan berbagai elemen masyarakat mulai dari seniman, pelaku industri pariwisata hingga UMKM. Kami berharap event ini bisa menjadi benchmark bagi daerah lainnya,” imbuh Restog.

Festival Gandrung Sewu turut dihadiri Direktur Utama PT Pelindo Properti Indonesia Sukariyadi Rudi Meidianto dan perwakilan kepala daerah se-Jawa Timur dan Bali. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.