Plt Bupati Banyuwangi Dorong Santri Raih Masa Depan Cerah Lewat Pendidikan

by -783 Views
Wartawan: Teguh Prayitno
Editor: Herry W. Sulaksono
iklan aston

Banyuwangi, seblang.com – Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Banyuwangi Sugirah mendorong para santri untuk meraih masa depan yang lebih baik melalui pendidikan berkualitas. Hal tersebut disampaikannya saat memperingati Hari Santri Nasional (HSN) di halaman Kantor Pemkab Banyuwangi, Senin (22/10).

“Pendidikan adalah kunci kesuksesan. Para santri harus menguasai ilmu agama dan pengetahuan umum agar mampu bersaing di era global,” tegas Sugirah dalam sambutannya.

iklan aston

Untuk mendukung akses pendidikan, Pemkab Banyuwangi menyediakan beasiswa Banyuwangi Cerdas bagi mahasiswa berprestasi dari kalangan kurang mampu, yatim piatu, dan penyandang disabilitas. Program ini juga membuka kesempatan khusus bagi para penghafal Al-Quran (Hafidz).

Lima perguruan tinggi negeri telah menjalin kerja sama dalam program Bidik Misi, yaitu Institut Seni Indonesia Surakarta, UIN Jember, Universitas Negeri Jember, Universitas Hindu Negeri Bali, dan Universitas Terbuka Jember.

Selain beasiswa S1, Pemkab Banyuwangi juga menyalurkan bantuan pendidikan lain seperti uang saku dan transportasi bagi pelajar kurang mampu, program Garda Ampuh untuk anak putus sekolah, serta bantuan biaya kos.

Rangkaian peringatan HSN akan berlangsung pada 25-27 Oktober mendatang, meliputi Santri Award, peluncuran festival kitab kuning “Resolusi Jihad: Inspirasi Kitab Kuning Menjaga Negeri”, Kelas Keterampilan Vokasional, Bedah Buku, Santri Bicara, dan Panggung Eksplorasi Bakat dan Kebudayaan.

“Kegiatan ini menjadi wadah apresiasi bagi kemampuan santri sekaligus melestarikan tradisi keilmuan pesantren. Kami juga berharap dapat menumbuhkan minat generasi muda dalam mendalami dan mengamalkan ilmu agama,” ujar Sugirah. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.