Bakamla Segera Dirikan Kantor di Banyuwangi untuk Memperkuat Pengamanan Pengairan

by -2999 Views
Wartawan: Teguh Prayitno
Editor: Herry W. Sulaksono
iklan aston

Banyuwangi, seblang.com – Badan Keamanan Laut (Bakamla) RI akan segera mendirikan kantor di Kabupaten Banyuwangi untuk memperkuat pengamanan wilayah perairan yang berbatasan langsung dengan Selat Bali.

“Secepatnya kita akan bangun kantor Bakamla di Banyuwangi,” kata Kepala Kantor Keamanan Laut Zona Maritim Tengah, Laksamana Pertama (Laksma) TNI Teguh Prasetya saat bertemu Plt. Bupati Banyuwangi, Sugirah, Senin (21/10/2024).

iklan aston

Laksma Teguh menjelaskan pemilihan lokasi Banyuwangi didasari posisinya yang strategis karena berbatasan dengan Selat Bali yang merupakan jalur penyeberangan padat dan berpotensi menimbulkan pelanggaran laut. Kehadiran Bakamla juga dimaksudkan untuk mendukung sektor pariwisata Banyuwangi yang berkembang pesat.

Menanggapi rencana tersebut, Plt. Bupati Sugirah menyatakan Pemerintah Kabupaten Banyuwangi siap menghibahkan lahan untuk pembangunan kantor Bakamla. Tim khusus telah dibentuk untuk membahas proses pengadaan lahan tersebut.

“Pemkab sudah melakukan pembahasan terkait lahan yang akan dihibahkan kepada Bakamla untuk pembangunan kantor di Banyuwangi,” ujar Sugirah.

Untuk mengantisipasi proses pembangunan yang membutuhkan waktu lama, Pemkab Banyuwangi akan menyediakan gedung sementara yang bisa dipinjampakaikan agar Bakamla dapat segera beroperasi dalam waktu dekat.

Pertemuan tersebut turut dihadiri Danlanal Banyuwangi, Letkol Laut (P) Hafidz. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.