25 Ribu Liter Air Didistribusikan ke Dua Kecamatan Untuk Warga yang Terdampak Kekeringan di Jember

by -44 Views
Wartawan: Nur Imatus Safitri
Editor: Herry W. Sulaksono
iklan aston

Jember, seblang.com  – Kekeringan yang melanda sebagian wilayah Kabupaten Jember akibat dampak El Nino. TRC Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) melakukan penanganan.

Setiap dua hari sekali TRC BPBD Kabupaten Jember, melakukan pendistribusian air bersih ke beberapa lokasi yang terdampak kekeringan.

iklan aston

Di antaranya, wilayah Desa Andongrejo dan Pondokrejo, Kecamatan Tempurejo. Desa Rambipuji dan Kaliwining, Kecamatan Rambipuji.

Tercatat kurang lebih 596 KK yang terdampak dengan kondisi kekeringan tersebut. Dengan rincian, wilayah Kecamatan Tempurejo jumlah terdampak kekeringan 255 KK dan Kecamatan Rambipuji 341 KK.

“Kami telah melakukan pendistribusian air bersih di empat lokasi yang terdampak kekeringan, Senin (7/10) kemarin. Untuk pendistribusian di lokasi satu atau pertama yakni di Linkungan Krajan 1, Desa Andongrejo Kecamatan Tempurejo. Telah didistribusikan air bersih tahap ke-5, sebanyak 5.000 liter. Kemudian di lokasi 2 Dusun Sumberejo, Desa Pondokrejo Kecamatan Tempurejo. Juga sudah terdistribusi air bersih tahap ke-26, sebanyak 10.000 liter,” ucap salah satu Anggota TRC BPBD Jember, Firman Arifianto saat dikonfirmasi di Pusdalops DPRD Jember, Selasa (8/10/2024).

“Selanjutnya untuk lokasi ke-3, di Dusun Curah Ancar, Desa Rambipuji Kecamatan Rambipuji, dengan pendistribusian air bersih sudah memasuki tahap ke-7, sebanyak 5.000 liter. Sedangkan lokasi keempat atau terakhir, di Dusun Bedadung Kulon, Desa Kaliwining Kecamatan Rambipuji. Juga sudah terdistribusi air bersih tahap ke-17, sebanyak 5.000 liter,” sambungnya.

Pendistribusian air bersih tersebut, lanjutnya, dilakukan mulai dari pukul 08.00 WIB.

“Kami TRC BPBD Jember dan juga Perumdam Tirta Pandalungan, sudah melakukan pendistribusian mulai pukul 08.00 WIB. Kemudian, tiba dilokasi terdampak dan melakukan pendistribusian air bersih sekitar pukul 09.30 WIB,” ujarnya.

“Hingga pukul 21.00 WIB Tim selesai melakukan distribusi air dan kembali ke instansi masing-masing,” imbuhnya.

Arif juga menambahkan, untuk pendistribusian air bersih, lebih lanjut kata Arip, BPBD Jember juga berkoordinasi dengan jajaran samping.

“Kami juga berkoordinasi dengan Perumdam Tirta Pandalungan, Ponpes Ibnu Katsir 2,” ujarnya.

Untuk pendistribusian air bersih, kata Arip, dilakukan pembagian wilayah.

“Seperti halnya BPBD Jember di wilayah Desa Andongrejo dan Pondokrejo Kecamatan Tempurejo. Kemudian Perumdam Tirta Pandalungan di wilayah Desa Rambipuji dan Kaliwining, Kecamatan Rambipuji,” tandasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.