Bawaslu Banyuwangi Tingkatkan Kapasitas Panwascam

by -6 Views
Wartawan: Nurhadi
Editor: Herry W. Sulaksono
iklan aston

Banyuwangi, seblang.com – Dalam upaya mengoptimalkan tugas pengawasan dalam tahapan kampanye Pemilu Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2024, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Banyuwangi mengadakan Rapat Koordinasi Pimpinan (Rakorpim) peningkatan kapasitas jajaran pengawas pemilu kecamatan (Panwascam) se Banyuwangi di Hotel Santika Banyuwangi selama 2 hari (6 – 7 Oktober 2024).

Menurut Ketua Bawaslu Kabupaten Banyuwangi Adrianus Yansen Pale yang akrab disapa Ansel, salah satu tujuan pelaksanaan kegiatan tersebut diatas adalah untuk mengoordinasikan sejumlah potensi pelanggaran yang terjadi selama tahapan kampanye Pilkada Serentak 2024.

iklan aston

Sebab dalam masa kampanye ini, kedua pasangan calon (Paslon) maupun timnya telah melakukan kampanye di sejumlah tempat. Selain itu di masa kampanye ini disinyalir rawan terjadi pelanggaran, mulai dari pelanggaran administrasi, pelanggaran pidana, etik maupun bentuk pelanggaran lainnya,lanjut Ansel.

Selain itu Ansel menuturkan kegiatan tersebut juga untuk meningkatkan kapasitas pengawas pemilu kecamatan (Panwascam) dari 25 kecamatan yang ada di wilayah Banyuwangi.

“Kegiatan ini juga untuk mempertajam kerja masing -masing divisi di Panwaslu kecamatan, serta untuk memperdalam penguasaan terhadap dasar hukum pilkada, khususnya yang berkaitan dengan kampanye”, tegasnya.

Ansel menambahkan yang tidak kalah penting kegiatan yang dilaksanakan adalah meningkatkan kapasitas Panwascam dalam menangani laporan pelanggaran pilkada maupun penyelesaian sengketa antar peserta pilkada 2024.

Divisi Hukum dan Penyelesaian Sengketa Bawaslu Banyuwangi, Luqman Wahyudi mengungkapkan, dalam menjalankan tugas pengawasan pilkada ini perlu soliditas di internal penyelenggara pemilu.

“Saat ini sejumlah tahapan pilkada mulai banyak yang beririsan, sehingga Panwascam harus pandai mengatur sejumlah tugas dan perlu kekompakan, agar tugas yang bersamaan dapat diselesaikan,” jelasnya.

Sesuai tahapan, masa kampanye pilkada serentak 2024 digelar mulai 25 September sampai dengan 23 November 2024.

Di Kabupaten Banyuwangi dua Paslon Bupati-Wakil Bupati yang ikut kontestasi dalam Pilkada serentak 2024.Kedua Paslon tersebut adalah Paslon Nomor 1 Ipuk Fiestiandani – H. Mujiono (Ipuk-Mujiono) dan KH. M. Ali Makki Zaini – Ali Ruchi (Gus Makki-Ali Ruchi).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.