Cabup Banyuwangi Nomor 2 Gus Makki Perkuat Kolaborasi Dengan Para Pelaku UMKM

by -322 Views
Wartawan: Nurhadi
Editor: Herry W. Sulaksono
iklan aston

Banyuwangi, seblang.com – Calon Bupati (Cabup) Banyuwangi Nomor urut 2, KH. M. Ali Makki Zaini yang akrab disapa Gus Makki, terus memperkuat silaturrahmi, komunikasi dan kolaborasi dengan rakyat, khususnya para pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) dan ekonomi kreatif di Banyuwangi.

Dalam rangkaian program silaturrahmi dan kunjungan ke berbagai daerah, Gus Makki menemui para pelaku UMKM dan ekonomi kreatif di Pasar Rakyat “Surupe Srengenge” di Desa Kaligung, Kecamatan Rogojampi, Banyuwangi, pada Sabtu (6/10/2024).

iklan aston

Kehadiran Gus Makki disambut antusias oleh pelaku UMKM ekonomi kreatif dan masyarakat setempat. Bahkan mereka merangsek berebut foto selfi bareng dengan Gus Makki sambil salam dua jari dan yel-yel “Pasangan Ali-Ali”.

Pengasuh Pondok Pesantren Bahrul Hidayah, Dusun Rayud, Desa Parijatah Kulon, Kecamatan Srono Banyuwangi tersebut selama ini dikenal dengan pendekatannya yang merakyat, berdialog langsung dengan para pelaku UMKM.

Paslon Bupati-wakil Bupati yang berpasangan dengan Ali Ruchi dan populer dengan julukan Ali-Ali mendengar keluh kesah dan masukan terkait berbagai kendala yang dihadapi para pelaku UMKM dan ekonomi kreatif terutama di tengah tantangan ekonomi global yang semakin kompleks.

“Untuk menggerakkan perekonomian lokal kita perlu memberi perhatian lebih pada keberlangsungan usaha rakyat, mulai dari permodalan, akses pasar, hingga pembinaan keterampilan,” ujar Gus Makki.

Selain itu, Gus Makki menekankan pentingnya sinergi dan kolaborasi antara pemerintah daerah dan pelaku usaha dalam mengembangkan potensi ekonomi di Banyuwangi.

Dia berjanji akan menciptakan program-program inovatif yang dapat memfasilitasi pertumbuhan UMKM dan ekonomi kreatif secara berkelanjutan.

“Kita tidak bisa hanya mengandalkan pariwisata saja. UMKM adalah tulang punggung ekonomi masyarakat. Jika saya diberi amanah, saya akan memastikan akses permodalan lebih mudah bagi pelaku UMKM,” tambahnya.

Salah seorang pedagang Asemah menyampaikan harapannya kepada Cabup Banyuwangi nomor urut 2 Gus Makki yang berpasangan dengan Ali Ruchi pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2024 mendatang .

“Kami sangat berharap Gus Makki bisa memperhatikan nasib pedagang kecil seperti kami. Terutama dalam hal pengaturan pasar dan modal usaha. Semoga nanti ada perubahan yang lebih baik untuk pedagang kecil,” ujar Asemah

Pertemuan yang digelar merupakan bagian dari agenda Gus Makki dalam rangka menyapa mendengar dan menyerap aspirasi masyarakat dari berbagai sektor ekonomi di Banyuwangi.

Sebelumnya, Gus Makki juga melakukan kunjungan ke beberapa desa untuk menyapa dan mendengar langsung suara masyarakat, khususnya para petani, nelayan dan pedagang kecil.

Dengan komitmen yang kuat terhadap pengembangan UMKM dan ekonomi kreatif, Gus Makki berharap dapat membangun Banyuwangi menjadi lebih sejahtera dan berdaya saing melalui penguatan ekonomi lokal dan pemberdayaan masyarakat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.