Selama Dua Bulan Okupansi Penumpang Rute Kereta Api (KA) Blambangan Ekspress Meningkat Drastis

by -18 Views
Wartawan: Nur Imatus Safitri
Editor: Herry W. Sulaksono
iklan aston

Jember, seblang.com – Okupansi penumpang KA Blambangan Ekspres meningkat hingga 107 persen. Hal itu terjadi sejak rutenya diperpanjang, selama dua bulan terakhir.

Sebelumnya, KA Blambangan Ekspress relasi Ketapang-Semarang Tawang Bank Jateng PP, menjadi relasi Ketapang-Pasar Senen PP.

iklan aston

“Penumpang KA Blambangan Ekspres sejak diperpanjang rutenya pada 26 Juli hingga 30 September 2024. mencapai 50.724. Dimana 29.234, merupakan penumpang dengan keberangkatan dari Daop 9 Jember,” ucap  Manager Hukum dan Humas KAI Daop 9 Jember, Cahyo Widiantoro saat dikonfirmasi sejumlah wartawan, Jumat (4/10/2024).

Ia memaparkan, total jumlah 29.234 penumpang KA Blambangan Ekspres dari Daop 9 Jember selama periode 2 bulan itu. Rata-rata penumpang perhari mencapai 436 atau 107 persen dari kapasitas yang tersedia perharinya sebanyak 408 tempat duduk.

Sedangkan rata-rata volume penumpang perhari, secara keseluruhan mencapai 186 persen dari kapasitas atau 757 penumpang.

“Tingginya minat penumpang pada KA dengan rute terjauh tersebut tidak terlepas dari jadwal perjalanan yang menarik. Yaitu berangkat dari Stasiun Ketapang pukul 14.50 WIB dan tiba di Stasiun Pasar Senen Jakarta pukul 07.20 WIB,” jelasnya.

“Sedangkan arah sebaliknya dari Stasiun Pasar Senen diberangkatkan pukul 12.15 WIB dan tiba di Stasiun Ketapang pada pukul 04.55 WIB” imbuhnya.

Selain harga tiketnya yang terjangkau, lanjut Cahyo, moda transportasi kereta api banyak diminati oleh masyarakat di wilayah tapal kuda.

“Banyak warga yang memilih menggunakan KA Blambangan Ekspress untuk bepergian. Dan harga tiketnya mulai dari Rp505 ribu rupiah saja,” ujarnya.

“Kami terus berkomitmen untuk terus menghadirkan layanan transportasi kereta api yang aman dan nyaman bagi para pelanggan,” tandasnya.//////

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.