Ratusan Warga Cek Kesehatan Gratis di Rail Clinic Stasiun Rambipuji Jember

by -644 Views
iklan aston

Jember, seblang.com – Rangkaian kereta kesehatan atau rail clinic milik PT KAI hadir di wilayah Daerah Operasi (Daop) 9 Jember, tepatnya di Stasiun Rambipuji, Kabupaten Jember, Rabu (25/9/2024).

Vice President KAI Daop 9 Jember, Hengky Prasetyo menyampaikan, dalam rangka memperingati HUT KAI ke-79 KAI memberikan pelayanan kesehatan primer atau pelayanan tingkat pertama melalui Rail Clinic generasi ke-4.

iklan aston

“Hari ini kami dari PT Daop 9 Jember didukung oleh teman-teman CSR kantor pusat, untuk mengadakan bakti sosial rail clinic dan rail library,” ucap Henky saat dikonfirmasi sejumlah wartawan di sela kegiatan peninjaun.

“Untuk pemeriksaannya meliputi pemeriksaan umum, kesehatan gigi, pemeriksaan kehamilan, pemeriksaan laboratorium sederhana. Termasuk juga mengajak anak-anak untuk bisa menikmati layanan library diatas kereta, dengan kapasitas 30 anak,” sambungnya menjelaskan.

Kata Henky, rail clinic tersebut hanya berlaku sehari saja, diseluruh wilayah KAI Jawa dan Sumatera.

“Untuk kuotanya kami menyedikan 275 kupon. Namun sangat dimungkinkan jika ada masyarakat yang mau periksa, tetap bisa dan kami layani tanpa harus menggunakan kupon,” ujarnya.

Selain itu, pihaknya juga melakukan sosialisasi edukasi keselamatan kepada anak-anak, maupun masyarakat di wilayah sekitar stasiun.

“Jadi memang di semua Daop ada pelaksanaan sosialisasi keselamatan. Setiap bulan kami melaksanakan sosialisasi rutin di wilayah dan daerah-daerah pinggiran rel. Kemudian kami juga ada PAM keamanan di jalur KA, serta menggandeng masyarakat untuk lebih peduli terhadap keselamatannya,” pungkasnya.

Salah satu warga Kecamatan Rambipuji Ninda Dwi Lestari mengaku pertama kalinya melakukan pemeriksaan di kereta kesehatan.

“Ini merupakan pengalaman pertama saya melakukan pemeriksaan di dalam kereta. Apalagi periksa ini kan gratis,” ujarnya.

“Tadi persyaratannya cukup membawa KTP saja. Dan rencananya saya mau periksa USG di kehamilan 38 minggu. Ya, sudah mendekati HPL (Hari Perkiraan Lahir),” imbuhnya.

Sementara itu, Camat Rambipuji Joni Nur Cahyono mengapresiasi kegiatan yang dilakukan KAI terhadap masyarakat di wilayah setempat.

“Saya melihat pelayanan KAI kepada masyarakat sangat luar biasa. Mereka melihat apa yang dibutuhkan masyarakat, dan alhamdulillah program ini sangat membantu,” ujarnya.

“Saya ingin meniru pelayanan-pelayanan yang sepenuh hati kepada masyarakat. Serta juga ada edukasi kepada anak-ank kecil dan pola hidup sehat kepada anak didik kami,” sambungnya.////////

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.