Jelang Masa Kampanye Pilkada 2024, KPU Banyuwangi Gelar Deklarasi Kampanye Damai

by -758 Views
Komisioner KPU Banyuwangi Divisi Teknis, Anang Lukman Afandi memukul gong menandai awal masa kampanye
iklan aston

Banyuwangi, seblang.com – Masa kampanye Pilkada 2024 di Banyuwangi resmi dimulai dengan penandatanganan deklarasi kampanye damai oleh dua pasangan calon (paslon) Bupati dan Wakil Bupati. Acara yang digelar oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Banyuwangi ini berlangsung di Hedon Cafe pada Selasa (24/9/2024).

Komisioner KPU Banyuwangi Divisi Teknis, Anang Lukman Afandi, memimpin deklarasi tersebut. Ia menekankan pentingnya komitmen ini, “Deklarasi ini sangat penting untuk mewujudkan Pilkada yang damai, aman, dan tertib.”

iklan aston

Kedua paslon, yakni Ipuk Fiestiandani – Mujiono (nomor urut 1) dan Gus Ali Makki Zaini – Ali Ruchi (nomor urut 2), hadir bersama tim kampanye dan partai pengusung masing-masing. Mereka berkomitmen untuk menyelenggarakan pemilihan yang langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil. Selain itu, paslon juga berjanji melaksanakan kampanye yang aman, tertib, berintegritas, serta bebas dari hoax, politisasi SARA, dan politik uang.

Dalam kesempatan tersebut, Anang juga memperingatkan kedua paslon, tim sukses, dan masyarakat luas tentang larangan praktik politik uang. Ia menjelaskan, “Pasal 187 A Undang-Undang tentang Pilkada menyatakan bahwa siapapun yang memberikan uang atau pengaruh lainnya untuk mempengaruhi pilihan seseorang akan dikenakan sanksi pidana minimal 3 tahun dan denda minimal 36 juta hingga maksimal 1 miliar rupiah.”

Anang menambahkan, khususnya pada ayat 2, disebutkan bahwa baik pemberi maupun penerima dapat dikenakan pasal pidana tersebut. “Oleh karena itu, kami berharap kedua paslon melaksanakan kampanye pemilihan sesuai dengan undang-undang yang berlaku,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.