UMKM Jadi Penggerak Utama, Ekonomi Banyuwangi Terus Melaju

by -9 Views
Menteri Sandiaga Uno saat berkunjung ke Banyuwangi
iklan aston

Banyuwangi, seblang.com – Perekonomian Kabupaten Banyuwangi menunjukkan tren positif dengan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) sebagai motor penggerak utamanya. Upaya terbaru untuk memacu pertumbuhan ekonomi daerah dilakukan melalui pelatihan inovasi kemasan produk UMKM yang digelar Jumat (20/9/2024).

Data terkini menunjukkan lonjakan signifikan pendapatan per kapita Banyuwangi, dengan kontribusi besar berasal dari sektor UMKM. Pemerintah daerah menargetkan akselerasi pertumbuhan ekonomi melalui penguatan daya saing produk lokal di pasar nasional dan internasional.

iklan aston

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno, yang hadir dalam acara tersebut, menegaskan potensi besar UMKM Banyuwangi. “Dengan inovasi kemasan, kita bisa menciptakan ‘Kerajaan UMKM’ yang mendorong pertumbuhan ekonomi daerah secara signifikan,” ujarnya.

Saat ini, 70 persen desain kemasan UMKM Banyuwangi dinilai sudah kompetitif. Penyempurnaan pada 30 persen sisanya diharapkan dapat meningkatkan nilai tambah produk dan memperluas pangsa pasar.

Kemenparekraf mendatangkan ahli desain kemasan untuk memberikan pelatihan kepada pelaku UMKM. Langkah ini bertujuan menciptakan produk berkualitas tinggi dengan daya saing global.

“Kami berkomitmen mendorong UMKM Banyuwangi agar mampu menembus pasar nasional dan internasional,” tegas Sandiaga. Ia optimis peningkatan kualitas produk akan mendongkrak pendapatan UMKM, membuka peluang usaha baru, dan menciptakan lapangan kerja tambahan.

Pemerintah Kabupaten Banyuwangi menjadikan pemberdayaan UMKM sebagai strategi utama pengembangan ekonomi daerah. Berbagai program berkelanjutan diimplementasikan untuk memperkuat sektor ini, termasuk fasilitasi akses permodalan, pelatihan manajemen usaha, dan bantuan pemasaran produk.

Pemkab Banyuwangi pun terus berupaya menciptakan iklim usaha yang kondusif untuk mendorong pertumbuhan UMKM.

Dengan berbagai inisiatif ini, Banyuwangi optimis dapat menjadi model sukses pengembangan ekonomi berbasis UMKM di Indonesia. Pemerintah daerah berharap keberhasilan ini akan menarik lebih banyak investasi dan menciptakan multiplier effect positif bagi perekonomian secara keseluruhan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.