KA Logawa Gunakan Rangkaian Stainless Steel New Generation Mulai 19 September 2024

by -142 Views
iklan aston

Jember, seblang.com – PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 9 Jember melakukan perubahan pada rangkaian yang digunakan oleh KA Logawa relasi Jember – Purwokerto PP. Yakni dengan menggunakan rangkaian Stainless Steel New Generation, mulai tanggal 19 September 2024.

Sebelumnya, KA Logawa menggunakan sarana kereta Kelas Bisnis dan Ekonomi 106 Tempat Duduk dengan sandaran tegak.

iklan aston

“Sarana yang akan digunakan untuk rangkaian KA Logawa ini merupakan kereta ekonomi terbaru yang diproduksi oleh PT Industri Kereta Api (INKA) di Madiun,” ucap Manager Hukum dan Humas KAI Daop 9 Jember, Cahyo Widiantoro.

Penggunaan kereta produksi PT INKA ini, lanjut Cahyo, sebagai wujud dukungan KAI terhadap industri manufaktur dalam negeri. Selain itu juga mendorong optimalisasi penggunaan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN), karena dalam proses pembuatannya, PT INKA juga menggandeng industri-industri kecil dalam negeri lainnya.

“Sehingga pemesanan kereta api yang dilakukan oleh KAI ke PT INKA turut mendukung tumbuhnya industri strategis nasional,” ujarnya.

Adanya perubahan sarana, tentu berdampak pada kapasitas tempat duduk yang tersedia. Jika sebelumnya dalam sekali jalan KA Logawa membawa 3 kereta kelas bisnis dan 5 kereta ekonomi 106 tempat duduk dengan total kapasitas mencapai 722 tempat duduk.

“Setelah dilakukan perubahan rangkaian maka sekali jalan KA Logawa membawa 8 kereta Ekonomi Stainless Steel New Generation. Dengan kapasitas masing-masing keretanya sebanyak 72 tempat duduk, sehingga total kapasitasnya menjadi 576 tempat duduk,” ungkapnya.

Pada rangkaian KA Logawa Stainless Steel New Generation juga terdapat fitur pintu geser elektrik dan papan informasi perjalanan kereta api di setiap keretanya. Mulai dari informasi kecepatan, stasiun pemberhentian berikutnya atau stasiun yang baru saja dilewati, serta formasi tempat duduk.

“Pintu akan terbuka dan tertutup otomatis dengan menekan sebuah tombol, penumpang tidak diperbolehkan memaksa membuka pintu secara manual, karena hal tersebut akan merusak mesin otomatis yang terdapat pada pintu,” terangnya.

Cahyo menambahkan, untuk meningkatkan kenyamanan pada rangkaian KA Logawa yang baru ini juga telah dilengkapi dengan Corrugated bellow terhadap sambungan antar kereta. Sehingga kebisingan kereta dapat diredam lebih baik lagi, dan hal itu membuat penumpang merasa lebih nyaman.

“Untuk harga tiket KA Logawa Stainless Steel New Generation relasi Jember- Purwokerto PP mulai dari Rp290 ribu. Pemesanan tiket KA Logawa Stainless Steel New Generation bisa dilakukan 45 hari sebelum jadwal keberangkatan yang sudah ditentukan melalui aplikasi Access by KAI, web kai.id, dan channel resmi yang bekerjasama dengan KAI,” paparnya.

“Perubahan rangkaian KA Logawa menjadi Stainless Steel New Generation adalah wujud komitmen KAI untuk terus berinovasi meningkatkan pelayanan, kenyamanan dan kemudahan bagi masyarakat pelanggan kereta api. Hadirnya fasilitas baru ini diharapkan dapat menambah kesan yang dirasakan oleh para pelanggan dalam tiap perjalanannya,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.