Jagoan Banyuwangi: Program Inkubasi Perkuat Bisnis Rintisan Anak Muda

by -503 Views
Proses voting pemilihan Ketua Gapensi Banyuwangi masa bakti 2024-2029 di Aston Banyuwangi
iklan aston

Banyuwangi, seblang.com – Bupati Ipuk Fiestiandani terus menggalakkan program inkubasi wirausaha “Jagoan Banyuwangi” untuk memberdayakan anak-anak muda di daerahnya. Program ini bertujuan meningkatkan kualitas usaha para pengusaha muda yang sedang merintis bisnisnya.

Jagoan Banyuwangi terbagi menjadi tiga kategori: Jagoan Tani untuk subsektor pertanian, Jagoan Digital untuk subsektor TIK, dan Jagoan Bisnis untuk subsektor lainnya. Dalam program ini, bisnis para peserta dikembangkan dan dikurasi oleh sejumlah pakar yang bertindak sebagai mentor untuk membantu mereka naik kelas.

iklan aston

“Kami mengadakan program ini setiap tahun dan terus memperbaiki konsep inkubasi agar lebih bermanfaat bagi pengusaha muda,” ujar Bupati Ipuk pada Selasa (11/9/2024). “Tahun ini, kami fokus pada mereka yang sudah memulai usaha, bukan lagi yang masih dalam tahap ide bisnis. Kami memberikan mentoring, serta mengurasi dan memantau perkembangan usaha mereka secara berkelanjutan.”

Salah satu usaha yang menonjol adalah Cantika Leather, yang memproduksi tas dan dompet berbahan dasar kulit asli. Produk UMKM ini memiliki kekhasan dengan desain yang kental akan filosofi budaya Indonesia, seperti tas kulit yang dipadukan dengan kain tenun. Keunikan karyanya membawa Dinar Laila, pendiri Cantika Leather, menjadi salah satu peserta terbaik dalam inkubasi Jagoan Bisnis.

“Saya mendapatkan banyak pengetahuan baru selama mengikuti program ini,” kata Dinar. “Selain ilmu, saya juga mengenal banyak teman baru yang memiliki passion sama. Ini menjadi kesempatan bagi saya untuk memperluas jejaring.”

Feri Anwar, peserta Jagoan Tani, juga mengungkapkan pengalaman serupa. Dia mengaku mendapatkan banyak wawasan untuk pengembangan usahanya di bidang pengolahan dan pemasaran produk perikanan. “Para mentor benar-benar membantu. Mereka memberikan saran dan solusi untuk kekurangan dalam bisnis kami. Ini sangat mendukung kemajuan usaha kami,” ujar Feri.

Program ini menyediakan hadiah berupa modal usaha dengan total nilai Rp 75 juta. Selain itu, para pemenang juga difasilitasi dengan program magang untuk pematangan usaha dan mendapatkan sertifikat BSSN yang dapat menambah portofolio mereka, baik untuk menjadi trainer maupun memasuki dunia kerja.

Para pemenang Jagoan Banyuwangi 2024 terdiri dari lima peserta terbaik untuk masing-masing kategori. Jagoan Bisnis dimenangkan oleh Nabila Cake Cookies and Bakery, Cantika Leather, Yubilant Beauty and Spa, Letak Furniture, dan It’s Madeena. Sementara itu, Jagoan Digital dimenangkan oleh Fery Yundara Putera, Roy Hairul Anam, Adi Keminggris, Adi Nugroho, dan David Mahbubi. Untuk kategori Jagoan Tani, pemenangnya adalah Chika Chocomold, Anggi Jamur, Pawonkoe, Oreng Oseng, dan Bolo Kopi.

Program Jagoan Banyuwangi ini diharapkan dapat terus mendorong pertumbuhan ekonomi lokal melalui pemberdayaan pengusaha muda yang kreatif dan inovatif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.