Elektabilitas Paslon Mas Rio dan Ulfiyah di Situbondo Semakin Melejit

by -329 Views
iklan aston

Situbondo, seblang.com – Dalam Ajang Kontestasi Pilkada Situbondo 2024, dua Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Situbondo terus melakukan langkah strategi untuk sama sama menunjukkan kualitas, gagasan serta visi misinya sebagai Bupati Situbondo terpilih 2024.

Pertarungan Pilkada Situbondo yang sudah mendaftarkan diri sebagai Pasangan Calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Situbondo ke KPU Situbondo yakni, Karna Suswandi dan Nyi Khoirani dari incumbent, serta Yusuf Rio Wahyu Prayogo dan Mbak Ulfiyah sebagai penantang.

iklan aston

Dua kandidat Paslon Bupati Situbondo ini yang akan berlaga dalam ajang kontestasi Pilkada Situbondo 2024, hal ini cukup menarik perhatian publik karena keduanya sama sama memiliki gagasan yang cukup luar biasa.

Kandidat Paslon Rio dan Ulfiyah panggilan akrabnya dalam hasil survei Indonesia Political Survey & Consulting tidak disangka sangka melejit pesat sehingga diatas Paslon Karna Suswandi dan Nyi Khoirani (Karunia).

Dampak paling besar merosotnya dinamika Politik paslon Karunia dalam rilis survey ini, dikarenakan salah satu pasangan karunia yaitu, Karna Suswandi yang kembali mencalonkan diri sebagai Bupati Situbondo 2024, diduga tersandung kasus korupsi, dimana KPK telah menetapkan sebagai tersangka.

Menurut hasil dari Rilis Indopol Survey Isu tersangka kasus dugaan korupsi ini, sangat berpengaruh, karena hampir semua Warga Situbondo mendengar dan mengetahuinya terkait kasus dugaan korupsi yang telah ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK.

Dilansir dari media jpnn.com – Hasil survei Indonesia Political Survey & Consulting (Indopol Survey) memperlihatkan keunggulan pasangan Yusuf Rio Wahyu Prayoga dan Ulfiyah menjelang Pilkada Situbondo 2024.

Dalam hasil survei Indopol Survey yang dirilis pada Rabu (11/9/2024), tercatat elektabilitas pasangan Yusuf-Ulfiyah unggul pada pertanyaan top of mind.

“Pasangan Yusuf Rio Wahyu Prayoga dan Ulfiyah unggul yakni sebesar 37,80 persen,” kata Direktur Eksekutif Indopol Survey Ratno Sulistiyanto melalui siaran pers.

Sementara, pasangan calon petahana Karna Suswandi-Khoirani sebesar 32,20 persen. Adapun responden yang belum menentukan pilihan sebesar 30,0 persen.

Menurut Ratno angka survei ini menunjukkan bahwa adanya perlawan yang dilakukan oleh pasangan calon Yusuf Rio Wahyu Prayoga dan Ulfiyah unggul sebagai penantang.

Namun, karena ada cukup besar responden yang belum menentukan pilihan (30,0 persen), maka kondisi politik menjelang pilkada Kabupaten Situbondo masih cukup dinamis.

“Gap antar-pasangan calon sebesar 5.6 persen mendekati rentang margin of error (lebih kurang 4.9 persen),” ucapnya.

Untuk pertanyaan tertutup, katanya, lagi-lagi pasangan Yusuf-Ulfiyah unggul dibandingkan bupati – wakil bupati petahana, yakni sebesar 41,8 persen.

“Pasangan calon Karna Suswandi dan Khoirani sebesar 37,0 persen, dan yang belum menentukan pilihan sebesar 21.2 persen,” terangnya.

Survei Indopol Survey ini dilakukan di Kabupaten Situbondo melalui wawancara tatap muka pada 30 Agustus-4 September 2024, dengan jumlah responden 400 orang warga Situbondo yang berusia 17 tahun atau yang memiliki hak pilih pada Pilkada 2024.

Survei ini menggunakan metode multistage random sampling dan dilakukan quality control secara berlapis, agar tidak ada kesalahan yang berarti dalam pengambilan sampel. Adapun margin of error lebih kurang 4,9 persen dengan selang kepercayaan sebesar 95 persen.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.