Agar Anggaran Infrastruktur Rp 10 M Per-Kecamatan Bisa Terserap Bappeda Kabupaten Malang Bilang Begini

by -167 Views
Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Malang Tomie Herawanto
iklan aston

Malang , seblang.com – Bupati Malang H.M Sanusi meminta Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk memberikan bantuan anggaran infrastruktur Rp 10 M per-Kecamatan yang bersumber dari APBD Kabupaten Malang di tahun 2025 mendatang.

Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) kabupaten Malang tengah mencari solusi yang tepat dan tidak menabrak aturan agar nantinya anggaran Rp 10 M per-Kecamatan yang dibagikan pada setiap desa secara merata bisa terserap semua sesuai arahan Bupati Malang untuk pekerjaan infrastruktur.

iklan aston

“Kalau Rp 10 M per-Kecamatan yang difokuskan pada infrastruktur jalan yang ada di Dinas PU Bina Marga seperti yang diminta Pak Bupati, kemungkinan besar anggaran Rp 10 M per-Kecamatan tidak akan terserap,” ungkap Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Malang Tomie Herawanto di Desa Tawangargo, Kamis (5/09/2024).

Tomi memiliki alasan yang jelas perihal kenapa anggaran Rp 10 M tidak bisa terserap semua disetiap kecamatan.

“Karena, belum tentu di satu desa dalam kecamatan tersebut memiliki jalan dengan klas jalannya Kabupaten, karena saya telah mengecek, ada beberapa desa tidak memiliki jalan kabupaten, karena untuk mendapatkan anggaran tersebut, desa harus memiliki jalan kelas kabupaten,” katanya.

Untuk itu, Bappeda telah memiliki solusi agar anggaran Rp 10 M per-Kecamatan bisa terserap semua maka harus melibatkan OPD yang lain seperti Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman dan Cipta Karya (DPKPCK), Dinas PU Sumber Daya Air (DPUSDA) dan Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan (DTPHP).

“Nantinya anggaran Rp 10 M agar bisa terserap semua DPKPCK menggarap jalan lingkungan yang ada di desa, DPUSDA bisa mengerjakan infrastruktur irigasi dan DTPHP bisa mengerjakan jalan usaha tani, itu beberapa contoh pekerjaan yang dapat dilakukan di desa, yang terpenting infrastruktur,” tandasnya.

Sebelumnya, Bupati Malang H.M Sanusi pada setiap kunjungan kerja di wilayah Kabupaten Malang berjanji akan memberikan anggaran Rp 10 M per-Kecamatan yang nantinya dibagi setiap desa dengan merata pada tahun anggaran 2025 mendatang untuk infrastruktur jalan.//////

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.