DPRD Banyuwangi Resmi Bentuk Enam Fraksi, Empat Dipimpin Politisi Perempuan

by -1156 Views
I Made Cahyana Negara, Ketua sementara DPRD Banyuwangi
iklan aston

Banyuwangi, seblang.com – DPRD Banyuwangi secara resmi membentuk enam fraksi untuk periode 2024-2029 melalui rapat paripurna, Senin (2/9/2024). Pembentukan ini ditetapkan oleh pimpinan DPRD sementara sesuai dengan usulan partai politik pemenang Pemilu Legislatif 2024.

Pembentukan fraksi ini mengacu pada Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 12 Tahun 2018 tentang Pedoman Penyusunan Tata Tertib DPRD. Pasal 120 ayat 3 menyatakan bahwa setiap fraksi harus beranggotakan minimal sama dengan jumlah komisi di DPRD. Partai politik yang tidak memenuhi jumlah anggota minimum dapat bergabung dengan fraksi lain atau membentuk maksimal dua fraksi gabungan.

iklan aston

I Made Cahyana Negara, Ketua sementara DPRD Banyuwangi, menjelaskan bahwa pembentukan fraksi bertujuan untuk mengoptimalkan fungsi, tugas, dan wewenang DPRD serta mewadahi aspirasi rakyat melalui masing-masing partai. “Kami berharap pembentukan fraksi ini dapat meningkatkan efektivitas kerja DPRD Banyuwangi dalam menjalankan tugas pokok anggota dewan,” ujar Made.

Enam fraksi yang terbentuk adalah Fraksi PDI Perjuangan (FPDI Perjuangan), Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (FPKB), Fraksi Partai Demokrat (FPD), Fraksi Partai Gerakan Indonesia Raya (F Gerindra), Fraksi Partai Golkar (F Golkar), dan Fraksi gabungan Partai Nasional Demokrat dan Partai Persatuan Pembangunan (F Nasdem-PPP). Made menambahkan bahwa penggabungan Nasdem dan PPP terjadi karena jumlah anggota partai yang tidak memenuhi ketentuan untuk membentuk fraksi tersendiri.

Menariknya, empat dari enam fraksi dipimpin oleh politisi perempuan. Ficky Septalinda memimpin Fraksi PDI Perjuangan, Emy Wahyuni Dwi Lestari memimpin Fraksi Demokrat, Umi Kulsum memimpin Fraksi Golkar, dan Ratih Nur Hayati memimpin Fraksi Nasdem-PPP. Sementara itu, Fraksi PKB dipimpin oleh politisi muda Arvy Rizaldy, dan Fraksi Gerindra diketuai oleh Suwito.

Setelah pembentukan fraksi, langkah selanjutnya adalah membentuk Panitia Kerja (Panja) penyempurnaan Peraturan DPRD Kabupaten Banyuwangi tentang Tata Tertib dan Kode Etik Dewan. Ruliono dari Partai Golkar ditunjuk sebagai ketua Panja, didampingi oleh Ficky Septalinda.

Susunan lengkap pimpinan fraksi-fraksi DPRD Kabupaten Banyuwangi Periode 2024-2029 meliputi: Fraksi PDI Perjuangan dipimpin oleh Ficky Septalinda sebagai Ketua, Wagianto sebagai Wakil Ketua, dan Yayuk Bannar Sri Pangayom sebagai Sekretaris. Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa diketuai oleh Arvy Rizaldy, dengan Hj. Anita Rani sebagai Wakil Ketua dan Inayanti Kusumasari sebagai Sekretaris.

Fraksi Demokrat dipimpin oleh Emy Wahyuni Dwi Lestari sebagai Ketua, Yuliawan Bambang Sukiyanto sebagai Wakil Ketua, dan Yusieni sebagai Sekretaris. Fraksi Golkar diketuai oleh Umi Kulsum, dengan Marifatul Kamila sebagai Wakil Ketua dan Eva Hestiyawati sebagai Sekretaris.

Fraksi Gerindra dipimpin oleh Suwito sebagai Ketua, Abdul Ghofur sebagai Wakil Ketua, dan Asrilia Diska Rumunda sebagai Sekretaris. Terakhir, Fraksi Nasdem-PPP diketuai oleh Ratih Nur Hayati, dengan I Gede Sudro Wicano sebagai Wakil Ketua dan M. Tanzilul Furqan sebagai Sekretaris.///////

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.