Anugerah Musik Banyuwangi: Penghargaan bagi Para Pelestari Musik Daerah

by -1049 Views
iklan aston

Banyuwangi, seblang.com – Kabupaten Banyuwangi telah lama dikenal sebagai salah satu penghasil lagu dan musisi daerah terkemuka. Banyak lagu berbahasa Osing yang populer dan dibawakan oleh musisi nasional.

Dalam upaya melestarikan karya musik daerah, Pemerintah Kabupaten Banyuwangi menggelar Anugerah Musik Banyuwangi (AMB) di Gesibu Blambangan, Sabtu malam (31/8/2024).

iklan aston

Acara ini memberikan apresiasi kepada sejumlah musisi Banyuwangi yang telah berdedikasi dalam melestarikan dan mempopulerkan musik daerah. Penghargaan dibagi dalam berbagai kategori. Suliyana, yang belakangan ini populer karena membawakan musik daerah dengan aransemen orkestra, dinobatkan sebagai Musisi Terpopuler. Aldi Embrian meraih penghargaan Penyanyi Pendatang Baru Terpopuler, sementara lagu “Tau Dadi Cerito” karya Alfredo R/Exzel Ok terpilih sebagai Lagu Banyuwangi Terpopuler. Video klip terbaik diraih oleh “Eman-eman” yang dibawakan Suliyana (Yoyok Powek), dan Mufly Key dianugerahi sebagai Arranger Terbaik.

AMB juga memberikan penghargaan Lifetime Achievement kepada Supinah, maestro Gandrung Banyuwangi yang telah beberapa kali tampil di berbagai negara untuk memperkenalkan kesenian gandrung. Seorang penari gandrung tidak hanya dituntut untuk menari, tetapi juga harus bisa menyanyi (nyinden).

Bupati Ipuk Fiestiandani menyampaikan, “Musik daerah harus terus menjadi tuan rumah di daerahnya sendiri. Ajang ini merupakan bentuk penghargaan dan apresiasi tinggi kepada seluruh seniman musik yang penuh dedikasi dalam melestarikan dan mempopulerkan musik daerah. Terima kasih kepada seluruh seniman musik kita.”

Selain itu, AMB juga menyerahkan penghargaan bagi para pemenang kompetisi Gending Using dan Lomba Cipta Lagu Banyuwangi. Ipuk menjelaskan, “Ini merupakan upaya untuk terus melakukan regenerasi penyanyi lagu daerah di tengah semakin masifnya gempuran industri musik dari luar negeri.”

Bupati berharap dengan lahirnya penyanyi baru dan terciptanya lagu-lagu Osing baru dapat memperkuat eksistensi lagu Banyuwangi. “Kami juga mengimbau agar hotel, restoran, hingga kafe bisa memutar musik asli Banyuwangi. Ini sekaligus sebagai ajang promosi musik daerah,” tambah Ipuk.

Acara penyerahan apresiasi berlangsung meriah dan disaksikan ribuan penonton. Sejumlah artis Banyuwangi memeriahkan malam penganugerahan tersebut, termasuk Suliyana, Demi Yoker, Syahiba Saufa, Wandra, Dini Kurnia, dan Ochi Alvira. Turut tampil pula penyanyi senior legendaris Sumiyati.

Dalam Festival Gending Using, Sony Rizal memenangkan kategori Pria, Pramitha Meyllanie unggul di kategori Wanita, dan Ambril meraih juara di kategori Anak. Sementara itu, pada Lomba Cipta Lagu Banyuwangi, Reynold menjadi pemenang kategori Dewasa dengan lagu “Sampur Abang”, sedangkan Aldi Embrian memenangkan kategori Lagu Anak-anak dengan karyanya “Sregep Sinau”.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.