KPU Tutup Pendaftaran, Pilbup Banyuwangi 2024 Diikuti 2 Bakal Paslon

by -1447 Views
iklan aston

Banyuwangi, seblang.com – KPU Kabupaten Banyuwangi telah menutup secara resmi pendaftaran calon kepala daerah yang akan maju dalam kontestasi Pilbup Banyuwangi 2024 pada Jumat (30/8/2024) dinihari.

Dua pasangan calon (paslon) Bupati dan Wakil Bupati Banyuwangi yakni Hj. Ipuk Fiestiandani Azwar Anas – Mujiono dan Gus Ali Makki – Ali Ruchi dinyatakan telah resmi mendaftarkan diri dalam Pilkada serentak.

iklan aston

“Insyaallah dua pasangan calon ini akan maju dalam kontestasi Pilkada Banyuwangi,” ujar Ketua KPU Banyuwangi Dian Purnawan dalam konferensi pers yang dihadiri sejumlah awak media.

“Dua pasangan ini juga akan langsung menjalani pemeriksaan kesehatan sebagai tahapan selanjutnya, di Rumah Sakit Saiful Anwar Malang selama dua hari 30 – 31 Agustus,” imbuhnya.

Dian kemudian mengungkapkan komposisi dukungan partai untuk masing-masing bakal pasangan calon.

Paslon petahana Ipuk – Mujiono, kata Dian, mendapat dukungan resmi dari 14 partai politik. “Pada awal pendaftaran, delapan partai secara resmi mengusulkan pasangan Ipuk – Mujiono,” ujar Dian.

Kedelapan partai tersebut adalah Partai Nasdem, PKS, PAN, Partai Golkar, Partai Gerindra, PPP, Partai Demokrat, dan PDI-Perjuangan.

Menjelang batas akhir pendaftaran, enam partai tambahan menyatakan dukungannya. “Pada pukul 19.00 WIB, enam partai lainnya mengajukan diri sebagai partai pengusul, baik secara hardcopy maupun melalui Silon,” jelas Dian. Keenam partai tersebut adalah Partai Perindo, PKN, Partai Gelora, Partai Buruh, PSI, dan Partai Ummat.

“Jadi, secara resmi total partai pengusul paslon Ipuk – Mujiono berjumlah 14 partai,” tegasnya.

Sementara itu, pasangan Gus Ali Makki – Ali Ruchi yang maju sebagai penantang petahana hanya didukung secara resmi oleh satu partai. “Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) menjadi satu-satunya partai pengusul untuk pasangan ini,” tutup Dian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.