KPU Banyuwangi Siap Buka Pendaftaran Pilkada, Dua Paslon Dikabarkan Daftar

by -1367 Views
iklan aston

Banyuwangi, seblang.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Banyuwangi akan membuka pendaftaran Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) pada 27-29 Agustus 2024. Menjelang pembukaan, dua pasangan calon (paslon) Bupati dan Wakil Bupati diperkirakan akan mendaftar.

Komisioner Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Banyuwangi, Anang Lukman Afandi, menyampaikan informasi ini dalam kegiatan media gathering dan sosialisasi pendaftaran Pilkada Serentak 2024 di aula KPU setempat, Senin (26/8/2024). “Berdasarkan konfirmasi dari Liaison Officer (LO) Partai Politik melalui WhatsApp, dua paslon diperkirakan akan hadir dalam masa pendaftaran besok,” ujar Anang.

iklan aston

Kedua paslon dijadwalkan mendaftar pada Rabu (28/8/2024). Paslon pertama, yang dikabarkan adalah Bupati petahana Ipuk Fiestiandani, direncanakan mendaftar pukul 09.00 WIB. Sementara paslon kedua, yang disebut-sebut adalah Ali Makki dan Ali Ruci, dikabarkan akan mendaftar pukul 12.00 WIB. Namun, Anang menekankan bahwa paslon dan jadwal ini masih dapat berubah.

Perlu diketahui, Ipuk sang bupati petahana telah mendapatkan rekomendasi dari berbagai partai politik, termasuk PDIP, Gerindra, Demokrat, Nasdem, Golkar, PPP, PKS, dan PAN. Ia dikabarkan akan berpasangan dengan Mujiono, yang saat ini menjabat sebagai Sekretaris Daerah Pemkab Banyuwangi.

Sementara itu, berdasarkan putusan terbaru Mahkamah Konstitusi (MK), PKB yang memiliki 167 ribu suara, terbanyak kedua di Banyuwangi setelah PDIP, berpotensi mengusung calon bupati dan wakil bupati secara mandiri. Syarat minimal untuk mengusung calon kini hanya 6,5 persen dari total suara sah hasil pemilihan legislatif 2024.

Di Banyuwangi, dengan jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu 2024 sebanyak 1.341.678, dan total perolehan suara sah dari seluruh partai politik 979.960, maka ambang batas 6,5% menghasilkan angka 63.698 suara. Ini berarti PKB, dengan 167 ribu suara, memenuhi syarat untuk mengusung calon secara mandiri.

Meski demikian, hingga kini PKB belum secara tegas memberikan dukungan kepada paslon manapun. Walaupun surat rekomendasi PKB untuk pasangan H. Moh Ali Makki Zaini dan Ali Ruchi telah beredar luas di media sosial, Ketua DPC PKB Banyuwangi, KH. Abdul Malik Syafaat, membantah keabsahan surat tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.