Peduli Sejarah dan Budaya Banyuwangi, Dandim Letkol Joko Sukoyo Resmikan Renovasi Petilasan Sayu Wiwit

by -637 Views
Dandim bersama warga setempat saat berada di petilasan Sayu Wiwit
iklan aston

Banyuwangi, seblang.com – Dalam rangka memperingati HUT ke-79 Kemerdekaan RI, Dandim 0825 Banyuwangi Letkol Arh Joko Sukoyo meresmikan renovasi Petilasan Makam Sayu Wiwit, seorang tokoh legendaris yang konon memiliki peran penting dalam sejarah Banyuwangi, Minggu (18/8/2024).

Makam yang terletak di Dusun Krajan Wetan, Desa Parangharjo, ini dianggap sebagai situs sakral yang menyimpan kisah perjuangan dan nilai-nilai luhur masyarakat setempat.

iklan aston
Dandim 0825 Banyuwangi bersama warga setempat di petilasan Sayu Wiwit

Sayu Wiwit, sosok pejuang yang gigih melawan penjajah Belanda dan dipercaya memiliki kekuatan spiritual yang besar. Kisahnya telah turun-temurun diceritakan dari generasi ke generasi, menjadi bagian tak terpisahkan dari khazanah sejarah dan budaya Banyuwangi. Dengan merenovasi petilasan ini, diharapkan nilai-nilai luhur yang terkandung di dalamnya dapat terus hidup dan menginspirasi generasi muda.

Dandim 0825 Banyuwangi, Letkol Arh Joko Sukoyo, menyampaikan, peresmian ini bukan hanya sekadar acara seremonial, tetapi juga bentuk penghormatan kita terhadap para pendahulu. Dengan merawat situs sejarah seperti ini, kita turut melestarikan identitas dan jati diri bangsa.

“Petilasan Makam Sayu Wiwit dapat menjadi sumber inspirasi bagi generasi muda untuk terus berkarya dan membangun Banyuwangi,” ujar Dandim.

Peresmian ini bukan hanya sekadar acara seremonial, tetapi juga menjadi momentum untuk menghidupkan kembali semangat pelestarian sejarah dan budaya di kalangan masyarakat.

“Saya berharap, dengan adanya renovasi ini, masyarakat semakin peduli terhadap sejarah dan budaya Banyuwangi. Mari kita bersama-sama menjaga dan melestarikan warisan nenek moyang kita,” pungkasnya.

Kehadiran tokoh masyarakat, agama, dan perangkat desa semakin memperkaya makna dari peresmian ini. Melalui renovasi ini, diharapkan Petilasan Makam Sayu Wiwit dapat menjadi destinasi wisata religi dan budaya yang menarik, sekaligus menjadi pusat pembelajaran sejarah bagi generasi mendatang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.