Menkumham Pertegas Peran Kemenkumham dalam Visi Indonesia Emas 2045 di Peringatan Hari Pengayoman ke-79

by -197 Views
iklan aston

Banyuwangi, seblang.com –  Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Banyuwangi melaksanakan puncak peringatan Hari Pengayoman ke-79 dengan menggelar upacara bendera, Senin (19/8).

Upacara yang dilaksanakan di Lapangan Tenis Blok Timur itu dipimpin langsung oleh Kepala Kesatuan Pengamanan Lapas (Ka. KPLP) Julandra Wikjatmiko dan diikuti oleh seluruh pegawai serta perwakilan Warga Binaan.

iklan aston

Kepala Lapas Banyuwangi Agus Wahono mengikuti kegiatan peringatan Hari Pengayoman ke-79 di Tugu Pahlawan Surabaya bersama Pimti Pratama dan kepala Unit Pelaksana Teknis jajaran Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Jawa Timur.

Dalam kesempatan itu, Julandra membacakan amanat dari Menteri Hukum dan HAM yang mempertegas peran Kemenkumham dalam mewujudkan visi Indonesia Emas 2045.

Peringatan Hari Pengayoman ke-79 juga menjadi yang pertama kalinya menggantikan perayaan Hari Dharma Karya Dhika (HDKD) yang selama ini menandakan peringatan hari jadi Kemenkumham.

Julandra menyebut, peringatan Hari Pengayoman ke-79 menjadi momen untuk mempertegas visi Indonesia Emas 2045. Visi itu merupakan sebuah cita-cita yang harus diwujudkan bersama.

“Dalam menuju Indonesia Emas, Kemenkumham berperan sebagai pilar penting yang mendukung terciptanya masyarakat yang adil, sejahtera dan berkeadilan,” ujarnya.

Menurutnya, dalam pesan Menkumham, Indonesia Emas 2045 mengisayaratkan sebuah transformasi besar dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk di bidang hukum dan hak asasi manusia. Dalam rangka mencapai visi tersebut, diperlukan upaya untuk memperkuat sistem hukum yang lebih responsif, transparan dan akuntabel.

“Kita akan melakukan pembaharuan regulasi yang relevan, serta meningkatkan akses masyarakat terhadap keadilan, agar tidak ada lagi suara-suara yang terpinggirkan,” ungkapnya.

Untuk itu, Kemenkumham berkomitmen untuk menciptakan ruang dialog yang konstruktif antara pemerintah, masyarakat sipil, dan pemangku kepentingan lainnya.

“Kolaborasi ini sangat penting untuk menciptakan kebijakan yang inklusif dan responsif terhadap kebutuhan masyarakat,” imbuhnya.

“Mari kita level-up semangat kerja dan kontribusi nyata, karena kita adalah bagian dari sejarah besar bangsa ini. Cita-cita Indonesia Emas 2045 adalah tugas dan tanggung jawab seluruh pihak, tanpa terkecuali,” pungkasnya./////

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.