Mas Rio Bakal Calon Bupati Muda Situbondo : Wujudkan Kemerdekaan Sesungguhnya, Jangan Mau Terbelenggu

by -865 Views
Mas Rio Bakal Calon Bupati Muda Situbondo 2024.
iklan aston

Situbondo, seblang.com – Kemerdekaan Indonesia yang diproklamasikan pada 17 Agustus 1945 bukan sekadar pengakuan status politik, melainkan hasil perjuangan dan pengorbanan besar para pahlawan bangsa.

Yusuf Rio Wahyu Prayogo, atau akrab disapa Mas Rio Patennang, bakal calon Bupati Muda Situbondo 2024, memaknai kata “merdeka” yang berasal dari “mahardika” sebagai kaya dan sejahtera. Menurutnya, hal ini berarti terbebas dari belenggu pihak tertentu dan dapat direfleksikan sebagai dasar berpikir dalam konteks Kabupaten Situbondo menjelang tahun politik.

iklan aston

“Kita menganut sistem demokrasi yang diperjuangkan oleh para pejuang bangsa. Dari awalnya kita dibelenggu oleh Belanda, kemudian kita juga melihat bagaimana feodalisme dalam bentuk monarki bersekutu dengan penjajah. Akhirnya, kita keluar dan menetapkan konsep demokrasi sebagai landasan berbangsa dan bernegara,” ujar Mas Rio.

Ia mempertanyakan apakah setelah 79 tahun merdeka, masyarakat sudah benar-benar bisa mengekspresikan arti kemerdekaan yang sesungguhnya. Mas Rio mengambil contoh Situbondo, apakah ruang publiknya sudah berjalan sesuai dengan pemikiran para filsuf tentang kemandirian berpikir masyarakat dan semangat berdemokrasi.

“Jaminan terhadap hak-hak politik masih sangat mentah didefinisikan, sehingga muncul beberapa kebijakan yang perlu diperbaiki,” ucap Mas Rio pada Sabtu (17/8/2024).

Sebagai bakal calon Bupati Situbondo, Mas Rio menegaskan keinginannya untuk membongkar belenggu-belenggu yang masih ada. Ia berkomitmen untuk membangun hubungan yang egaliter dengan masyarakat, mudah ditemui, dan terbuka untuk berdiskusi.

“Saya memahami kebutuhan mendasar kita ke depan harus dirangkai dengan baik. Kita harus punya pondasi yang kuat dan pola pikir yang merdeka dalam arti yang sesungguhnya. Kita tidak boleh terbelenggu oleh ketakutan,” katanya.

Mas Rio menekankan pentingnya netralitas ASN dan Kepala Desa dalam Pilkada Situbondo mendatang. Ia juga menyoroti posisi Situbondo yang masih tertinggal dalam ukuran makro ekonomi dan menegaskan bahwa kemerdekaan harus menjadi titik pijak untuk naik kelas.

“Saya butuh seperangkat mindset sebagai anak muda bahwa kita punya keyakinan dan tidak boleh terbelenggu. Instrumennya adalah kembali ke ruang publik,” jelasnya.

Mas Rio berkomitmen untuk melibatkan masyarakat dalam pengambilan keputusan jika terpilih menjadi Bupati. Ia berencana mengadakan siaran langsung di TikTok untuk setiap rapat, baik internal maupun eksternal antar lembaga, sebagai bukti keterlibatan semua unsur masyarakat dalam proses pengambilan keputusan.

“Kalau itu sudah saya lakukan sebagai Bupati, saya percaya Situbondo akan melesat. Halangan yang ada bisa disalurkan melalui forum-forum tersebut. Kalau tidak, kita sama halnya dengan jalan di tempat, karena ekspresi, kreativitas, saluran politik, dan aspirasi butuh penyaluran kepada kepala lembaga pemerintahan,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.