Komunitas Informasi Masyarakat Tirto Gumitir Jember Sabet Penghargaan KIM Paling Transformatif 2024

by -533 Views
iklan aston

Jember, seblang.com – Komunitas Informasi Masyarakat (KIM) Tirto Gumitir Kabupaten Jember meraih penghargaan sebagai KIM Paling Transformatif 2024.

Penghargaan paling bergengsi pada even Festival KIM 2024 Tingkat Nasional itu digelar di Anjungan City of Makassar, Pantai Losari, Makassar, Sabtu (10/8/2024) kemarin. Mulai dari tanggal 9 – 11 Agustus.

iklan aston

Komunitas Informasi Masyarakat (KIM) se-Indonesia terdata ada sebanyak 2.213 KIM, dengan total anggota sejumlah 4.568 orang. Semuanya itu berasal dari 29 Provinsi, 217 Kabupaten/Kota, 733 Kecamatan, dan 2.080 Desa/Kelurahan.

Dari jumlah tersebut, Provinsi Jawa Timur memiliki sebanyak 983 KIM atau sekitar 44,42 persen dari total KIM se- Indonesia. Saat ini, tercatat ada sebanyak 85 KIM di yang terbentuk di 23 kecamatan se Kabupaten Jember.

Dalam Festival KIM 2024, Jawa Timur mengirimkan dua KIM terbaiknya. Yaitu, dari Tirto Gumitir Kabupaten Jember dan Gerabah Kota Malang.

Ketua KIM Tirto Gumitir M. Ilham menyampaikan, perolehan penghargaan itu tidak luput dari inovasi yang pihaknya lakukan.

“Kami tidak hanya melakukan tugas pokok dalam memberikan informasi kepada masyarakat,” ucap M. Ilham, Senin (12/8/2024).

Selain itu, pihaknya  juga melaksanakan pemberdayaan masyarakat. Salah satunya, dengan membuat Galeri Gumitir. Sehingga, inovasi-inovasi lainnya dapat dipertahankan dan dikembangkan lebih baik lagi.

“Supaya bisa menjadi role model tingkat KIM Nasional,” ujarnya.

Dengan diraihnya penghargaan KIM Paling Transformatif 2024, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Jember Bobby A. Sandy mengapresiasi kreativitas KIM Tirto Gumitir.

“Semoga prestasi ini menjadi inspirasi dan penyemangat bagi KIM lain di Jember,” ungkap Bobby.

Perlu diketahui, KIM Tirto Gumitir Jember berasal dari Desa Sidomulyo, Kecamatan Silo, Kabupaten Jember. KIM yang menyajikan informasi visual destinasi wisata, reservasi paket wisata, oleh-oleh Khas Sidomulyo, dan edukasi wisata ini berhasil mengalahkan KIM dari daerah lainnya.//////

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.