Bupati Ipuk Paparkan Keberhasilan Geopark Ijen Banyuwangi di Geofest Australia

by -366 Views
iklan aston

Banyuwangi, seblang.com  – Sejak ditetapkan sebagai bagian dari jejaring UNESCO Global Geopark (UGG), kawasan Geopark Ijen semakin dikenal dunia. Baru-baru ini, Banyuwangi berpartisipasi dalam Geotourism Festival, sebuah acara kolaborasi antara Indonesia dan Australia.

Pada pertengahan Juli lalu, Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani berkesempatan berbicara di Geofest (Geotourism Festival) 2024 di Sydney, Australia. Kabupaten Banyuwangi, sebagai salah satu tuan rumah UGG Ijen, dinilai sukses mengembangkan sektor ekonomi berbasis geopark gunung api aktif. Kesuksesan ini menjadi cerita inspiratif yang dibagikan dalam forum yang diselenggarakan oleh Australian Geoscience Council (AGC) dan Indonesian Geoparks Network (IGN) di University of Sydney pada 18 Juli 2024.

iklan aston

“Kami ingin mengabarkan kepada dunia bahwa UGG Ijen mampu mengakselerasi masyarakat Banyuwangi untuk menjaga alam sekaligus menggerakkan perekonomian,” ungkap Ipuk pada Sabtu (10/8/2024).

Di hadapan ratusan peserta yang terdiri dari ilmuwan geologi, pegiat geopark, dan jurnalis dari berbagai negara, Ipuk memaparkan pengembangan ekonomi berbasis wisata alam di Banyuwangi. Gunung Ijen dengan fenomena api birunya yang unik di dunia menjadi daya tarik utama bagi wisatawan mancanegara.

Ipuk menjelaskan, “Daya tarik wisata tersebut kami kelola agar berdampak maksimal pada ekonomi masyarakat, salah satunya dengan melibatkan warga sekitar destinasi sebagai pelaku utama industri wisatanya.”

Sebagai contoh, Ipuk menyebutkan kebijakan Pemkab Banyuwangi dalam membatasi hotel berbintang di sekitar kawasan utama Ijen, sambil memfasilitasi warga setempat untuk mengelola homestay yang layak bagi wisatawan. “Dengan dampak ekonomi yang dirasakan langsung, warga terdorong untuk turut menjaga alam sekitarnya dari kerusakan,” tegasnya.

Dalam acara tersebut, Ipuk tergabung dalam panel bersama beberapa ilmuwan dan pemimpin UNESCO Global Geopark lainnya, termasuk Jon Hronsky (Chair, National Geotourism Strategy, Australian Geoscience Council), Professor Phil McManus (School of Geosciences, The University of Sydney), dan Sasha Morriss (Geo Educator and Geoscientist, Waitaki Whitestone UNESCO Global Geopark, New Zealand).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.