Cegah Stunting dan Tingkatkan Imun Anak Posyandu Rambipuji Jember Gelar Bulan Pemberian Vitamin A

by -461 Views
iklan aston

Jember, seblang.com – Posyandu Bougenville 7 Dusun Krajan, Desa dan Kecamatan Rambipuji, Kabupaten Jember, menggelar bulan timbang dan pemberian vitamin A.

Pemberian vitamin A yang sedang digalakkan oleh Pemerintah Kabupten Jember itu, dilakukan untuk menjaga kesehatan mata. Serta meningkatkan daya tahan tubuh bagi balita dalam melawan penyakit.

iklan aston

Kasun Krajan Rambipuji Musa Fei G.W menyampaikan, bulan Agustus adalah bulan timbang dan pemberian vitamin A kepada balita.

“Vitamin A diberikan secara gratis, dan ini bisa diperoleh di seluruh sarana fasilitas kesehatan. Kemudian, pemberian vitamin A dilakukan bersamaan dengan bulan penimbangan agar bisa menyasar semua balita,” ucap Musa saat dikonfirmasi sejumlah wartawan, Kamis (8/8/2024).

“Para orangtua di Dusun Krajan ini, selalu menyempatakn waktunya untuk membawa anaknya secara rutin datang ke posyandu. Apalagi pemberian vitamin A ini menjadi hal yang sangat penting untuk diketahui para semua orang tua,” sambungnya.

Selain penimbangan balita dan pemberian vitamin A, lanjut Musa, ada beberapa pemeriksaan yang rutin dilakukan setiap bulannya.

“Yakni mulai dari pemeriksaan berat badan, tinggi badan, lingkar kepala pada balita, hingga pemeriksaan pada ibu hamil dan pemberian obat maupun vitamin. Juga tidak lupa selalu memberikan makanan tambahan (PMT),” ujarnya.

“Untuk total hari ini ada 15 balita yang sudah mendapatkan vitamin A. Juga ada 2 ibu hamil yang sudah melakukan pemeriksaan dan 28 lansia,” imbuhnya.

Namun demikian, kata Musa Posyandu Bougenville 7 kali ini agak sedikit berbeda dari hari biasanya.

“Dalam menyambut hari kemerdekaan RI yang ke-79, posyandu kami memberikan nuansa yang berbeda. Kami menghias posyandu dengan balon berwarna merah dan putih. Kemudian juga memberikan hadiah sebanyak 45 buah kepada semua warga yang datang ke posyandu,” tandasnya.

Terpisah, salah satu warga yang membawa anaknya ke posyandu, Cintya mengatakan. Pentingnya membawa anak ke posyandu akan berdampak pada masa mendatang.

“Membawa anak datang ke posyandu itu sangat penting. Apalagi sekarang bulan pemberian vitamin A sekaligus tadi ada bagi-bagi hadiah dari ibu-ibu posyandu. Sangat menyenangkan sekali,” ujar Cintya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.