Sambut Kemerdekaan RI ke-79 Warga Jember Bentangkan Bendera Raksasa di Atas Bukit

by -692 Views
Pengibaran bendera raksasa di atas bukit
iklan aston

Jember, seblang.com  – Dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun ke-79 Republik Indonesia, Warga di Lingkungan Mojan, Kelurahan Bintoro, Kecamatan Patrang, Jember mengibarkan bendera raksasa yang berukuran 10×6 meter. Serta membentangkan kain merah putih sepanjang 100 meter dengan lebar 2 meter di puncak bukit.

Camat Patrang Hendra Kusuma mengungkapkan, tujuan pengibaran bendera raksasa di Puncak Bukti Merah Putih itu untuk mengenalkan kepada masyarakat luas lokasi yang menjadi kebanggaan warga setempat.

iklan aston

“Bukit merah putih ini berada di ketinggian sekitar 1000 Mdpl dan berada diatas lahan milik Pemkab Jember seluas kurang lebih 54 hektare. Nah Pengibaran bendera merah putih raksasa ini dan kain sepanjang 100 meter, untuk memperingati HUT RI ke 79. Juga bentuk semangat kemerdekaan,” ucap Hendra saat dikonfirmasi usai pengibaran bendera, Rabu (7/8/2024).

Untuk proses pengibaran bendera raksasa dan kain merah putih yang dibentangkan sepanjang 100 meter itu dilakukan oleh semua warga setempat.

“Kurang lebih 50 orang, di antaranya juga dibantu dari perangkat kelurahan, ada pak Lurah, ada pak Kapolsek Patrang juga hadir, serta pak Danramil Patrang juga hadir,” jelasnya.

Alasan dipilihnya lokasi bukit merah putih itu, lanjut Hendra, juga sebagai bentuk puncak perjuangan dan memiliki nilai ikonik.

“Sebutan nama bukit merah putih itu, juga pemberian lurah sebelumnya. Agar selalu diingat dengan lokasinya dan representasi bentuk perjuangan untuk meraih kemerdekaan,” pungkasnya.

Terpisah Kapolsek Patrang Iptu Suparman juga mengapresiasi sinergitas bersama TNI dan Polri, maupun masyarakat setempat. Serta antusias dalam menyambut HUT ke 79 Kemerdekaan RI.

Sebagai upaya untuk meningkatkan rasa nasionalisme, dan sejarah perjuangan bangsa Kemerdekaan RI, agar generasi muda lebih cinta tanah air.

“Kami selaku muspika khususnya Polsek Patrang, sangat mendukung sekali kegiatan masyarakat yang bersifat positif. Karena kalau bukan kita siapa lagi yang akan melestarikan budaya ini terutama pengibaran bendera merah putih,” ujarnya.

“Nanti juga akan dilaksanakan kegiatan-ketiatan untuk memperingati HUT RI ke 79, kalau tidak salah mulai tanggal 15 Agustus dan pastinya diisi oleh kegiatan-kegiatan masyarakat yang sifatnya positif,” pungkasnya./////

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.