Pencarian 4 ABK KMN Sumber Risqi A Berakhir Korban Belum Ditemukan

by -295 Views
Proses pencarian korban yang hilang (ist)
iklan aston

Banyuwangi, seblang.com – Proses pencarian 4 ABK Kapal KMN Sumber Risqi A dihentikan. Selama proses 7 hari penyisiran tersebut 4 ABK atas nama M. Asep Ilmi (19) ABK asal Kabupaten Kuningan, M. Diman (20), Hendra Lesmana (20) Kabupaten Serang, Provinsi Jawa Barat, dan M. Suhendra (20) asal Kabupaten Pekalongan, Provinsi Jawa Tengah, masih belum ditemukan.

Kasat Polairud Polresta Banyuwangi AKP. I Nyoman Ardita, S.H., M.H., melalui Kasubnit Binmasair Aiptu I Gede Eka D mengatakan, 4 ABK yang diketahui nekat lompat dari kapal pada Minggu 28 Juli 2024 sekitar Pukul 11.00 WIB ini. Selama 7 hari pencarian dilakukan di sekitaran Perairan Pelengkung G – Land, Taman Nasional Alas Purwo, Kecamatan Tegaldlimo.

iklan aston

Peristiwa ini menurutnya bermula dari dugaan tak betahnya para korban bekerja di laut dan ingin cepat pulang, 3 ABK Kapal KMN Sumber Risqi A, asal Jawa Barat, dan 1 ABK asal Jawa Tengah, kemudian nekat menceburkan diri ke perairan Alas Purwo, Banyuwangi, Jawa Timur, Minggu (28/07/2024).

Menurut para saksi, para korban sekitar seminggu sebelum kejadian hampir setiap hari bercerita dan mengeluh. Mereka bercerita ke Diki Darmawan dan Gilang, yang juga ABK kapal. Tak berselang lama, para korban mengemasi pakaian secukupnya, HP dan dompet dimasukan ke dalam plastik bening besar, tempat biasa untuk menyimpan ikan.

Usai itu mereka melompat dari bagian belakang kapal dekat WC di pojok kiri kapal, secara berurutan, dimulai dari korban Indra Lesmana, diikuti M. Asep Ilmi, sembari melempar plastik bening itu. Kemudian M. Suhendra ikut meceburkan diri diikuti M. Diman.

Sementara Diki Darmawan tidak jadi melompat lantaran takut dan tidak bisa berenang. Ketika para korban sudah berada di laut, Diki melihat para korban hanya berpegangan di plastik tersebut. Selama 30 detik para korban masih bisa dilihat Diki, yang akhirnya para korban terlihat semakin menjauh terbawa arus.

Karena itu, saksi ini langsung naik ke ruang kapal kamar ABK dan membangunkan Gilang, dengan mengatakan “ada yang lompat”,. Kemudian Gilang menjawab ” siapa yang lompat,” Diki pun menjawab, ” Ilmi, Diman, Indra, Suhendra,”. Mendengar kabar itu, Gikang langsung menyampaikan ke ABK lainnya dan ke Nahkoda Kapal.

Mendengar informasi itu, nakhoda kapal kembali menanyakan ke Diki, setelah dijawab, nahkoda kapal segera mencari keberadaan korban namun tidak berhasil ditemukan.

“Sudah selama 7 harii dilakukan pencarian, namun keberadaan 4 korban masih belum ditemukan, terkahir proses pencarian korban hari Minggu kemaren,” ungkap Gede Eka, Rabu (07/08/2024).//////

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.