Migi Rihasalay Rancang Busana Recycle Defile Rio di JFC 2024: Perpaduan Bulu Ayam dan Angsa

by -337 Views
iklan aston

Jember, seblang.com – Desainer muda Migi Rihasalay menampilkan karya busana yang berbahan recycle (daur ulang), di Artwear Jember Fashion Carnaval (JFC) 2024, Sabtu (3/8/2024) malam.

Dalam tema yang dibawakan pada gelaran Artwear JFC 2024 ini, ia merancang 12 karya busana daur ulang Defile Rio yang berasal dari Negara Brazil.

iklan aston

Menurut penuturannya, karya busana Defile Rio tersebut merupakan kombinasi dari bahan daur ulang dan bulu-bulu hewan. Kemudian dipadupadankan dengan nuansa cerah maupun meriah.

“Busana yang Migi desain dan buat ini, memanfaatkan kain perca yang merupakan bekas pakai berikut dengan sayap-sayapnya dari bulu ayam dan angsa. Kemudian dikombinasikan menggunakan (sampah) plastik akrilik yang sudah tak terpakai, kita buat layaknya bunga. Busana ini semuanya 100 persen bahan recycle,” ucap Migi.

Dalam membuat hasil karya busana dengan tema yang dibawakannya, dirinya mengaku ada tantangan tersendiri saat harus tampil di Artwear JFC 2024.

“Artinya kita harus menyesuaikan dengan pesan tersiratnya bagaimana cinta dengan lingkungan, bagaimana limbah (sampah) itu dapat di recycle (daur ulang),” jelasnya.

Lalu dikaitkan dengan Defile Rio yang nuansanya harus menciptakan busana daur ulang dan permainan warna.

“Lengkap bulu-bulunya, kemeriahan, gambaran moodnya itu happy. Defile Rio itu adalah budaya yang berasal dari Negara Brasil. Tepatnya berasal dari kota Rio de Jeneiro. Tema Rio ini, menurut saya memberikan nuansa ceria dan meriah,” ulasnya.

Selanjutnya untuk proses pembuatan busana hasil karyanya, diakui oleh mantan anak didik Inisiator JFC Dynand Fariz itu. Membutuhkan waktu kurang lebih tiga bulan.

“Tapi yang kita kejar (selesai) dalam waktu seminggu jadi. Untuk talent yang memperagakan busana hasil karya saya ada 12. Kemudian sebagai muse (orang yang menginspirasi) nanti suami saya sendiri,” ungkapnya.

“Hari ini haptic (memberi semangat positif meskipun sibuk) banget, kita sudah tiga hari di sini (Jember). Kemarin ada kendala tapi alhamdulillah semua teratasi,” sambungnya.////////

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.