Bupati Ipuk Salurkan BLT DBHCT Rp 4,4 M kepada 2.450 KPM

by -1891 Views
iklan aston

Banyuwangi, seblang.com – Pemerintah Kabupaten Banyuwangi menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Bagi Hasil Cukai Tembakau (DBHCT) sebesar Rp 4,41 miliar kepada 2.450 Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Bupati Banyuwangi, Ipuk Fiestiandani, menyerahkan BLT DBHCT secara simbolis kepada perwakilan penerima dalam kegiatan Bunga Desa (Bupati Ngantor di Desa) di Desa Sumberayu, Kecamatan Muncar, Senin (29/7/2024).

iklan aston

Ipuk menjelaskan bahwa setiap KPM akan menerima total Rp 1,8 juta selama setahun, yang dicairkan dalam empat termin atau per tiga bulan.

“Dalam setiap pencairan, setiap KPM menerima Rp 450 ribu untuk penerimaan selama tiga bulan. Semoga bantuan ini bermanfaat dan digunakan sebaik-baiknya untuk kepentingan keluarga,” pesan Ipuk.

BLT ini diberikan kepada dua kelompok sasaran: buruh pabrik rokok dan buruh tani tembakau. Ipuk menambahkan bahwa DBHCT juga dialokasikan untuk pembiayaan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) bagi warga miskin.

“Tahun ini kita menambah Penerima Bantuan Iuran Daerah (PBID) JKN KIS bagi warga miskin. Tujuan kami adalah memastikan seluruh masyarakat semakin sehat, sejahtera, dan dapat mengakses semua layanan yang mereka butuhkan, terutama layanan kesehatan,” jelas Ipuk.

Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan KB, Henik Setyorini, merinci bahwa dari 2.450 penerima manfaat, 300 orang adalah buruh pabrik rokok dan 2.150 orang adalah buruh tani tembakau.

“Data penerima ini kami peroleh dari Dinas Pertanian dan Dinas Tenaga Kerja. Insya Allah valid dan tepat sasaran,” ujar Henik.

Henik menjelaskan bahwa pencairan kali ini merupakan termin kedua untuk penerimaan April-Juni 2024. Penyaluran dilakukan secara cashless melalui virtual account yang diinformasikan oleh pihak desa dan kelurahan setempat.

“Penerima dapat mencairkan bantuannya di Bank Jatim terdekat. Mereka hanya perlu membawa KTP dan virtual account yang telah diterima dari pihak desa atau kelurahan,” tambah Henik. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.