Banyuwangi Ajak Anak Tinggalkan Gadget dengan Bermain Permainan Tradisional

by -2514 Views
iklan aston

Banyuwangi, seblang.com – Pemkab Banyuwangi menggelar Festival Memengan (Permainan) Tradisional di Lapangan Lugjak, Rogojampi, Sabtu (27/7/2024). Acara ini mengusung tema “Tinggalen Gadget Iro, Ayo Memengan Nang Njobo” (Tinggalkan Gadgetmu, Ayo Main di Luar) sebagai upaya mengurangi pemakaian gadget pada anak-anak.

Ratusan anak terlihat ceria memainkan berbagai permainan tradisional seperti egrang bambu, terompah, egrang batok, dan gobak sodor. Para orang tua juga antusias memberikan semangat, arahan, bahkan ikut larut dalam euforia permainan.

iklan aston

“Seru banget! Aku baru pertama kali main Egrang Bambu, susah tapi asyik,” ujar Rani (10), siswi SDN 1 Lemahbangdewo dengan napas tersengal-sengal.

Kemeriahan bertambah dengan defile yang menampilkan aksi permainan tradisional lainnya seperti Bedhil-Bedhilan, Kucing Tikus, Barong, Balap Karung, Hoola Hoop, Terompet, Jaranan, Pesawat Kertas, dan Pal-palan.

Bupati Banyuwangi, Ipuk Fiestiandani, menjelaskan bahwa festival ini rutin digelar untuk mengajak anak-anak memilih permainan tradisional yang melibatkan banyak gerakan, dibandingkan gadget. “Permainan tradisional memiliki nilai-nilai positif seperti mengajarkan kerjasama, meningkatkan empati, menghormati aturan main, dan menghadapi tantangan,” terang Ipuk.

Ipuk juga menekankan pentingnya melestarikan warisan budaya ini. “Bukan hanya soal permainan, tapi juga tentang menjaga keakraban, sportivitas, dan kreativitas,” tambahnya. Ia juga mengingatkan para orang tua untuk bersama-sama melindungi anak-anak dari bullying.

Kepala Dinas Pendidikan Banyuwangi, Suratno, menambahkan bahwa festival ini, yang digelar dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional, juga mendukung gerakan sekolah sehat. “Melalui permainan tradisional, anak-anak diajak untuk aktif bergerak, bersosialisasi, dan mengeksplorasi dunia luar dengan cara yang menyenangkan,” tutur Suratno. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.