Proses Coklit Pilkada Banyuwangi Rampung, Keluarga Bupati Ipuk Jadi Penutup

by -1886 Views
Girl in a jacket

Banyuwangi, Seblang.com – Pencocokan dan penelitian (coklit) data pemilih untuk Pilkada Banyuwangi telah mencapai garis finish alias selesai 100 persen. Momentum penting ini ditandai dengan pemutakhiran data keluarga Bupati Banyuwangi, Ipuk Fiestiandani Azwar Anas, yang berlangsung Selasa sore (23/7/2024).

Di kediaman Bupati Ipuk di Lingkungan Baluk, Kelurahan Kebalenan, tim Pantarlih bersama Komisioner KPU melakukan tugasnya dengan seksama. Keluarga orang nomor satu di Banyuwangi ini pun menjalani prosedur standar yang ditetapkan KPU.

iklan aston

Moh. Qowim, Komisioner KPU Banyuwangi, mengungkapkan alasan di balik jadwal coklit keluarga Bupati yang menjadi penutup. “Tadi saja beliau (Bupati Ipuk) menyempatkan diri ditengah kesibukannya di acara Tour de Banyuwangi Ijen. Sebelumnya beliau juga lagi beribadah di tanah suci Mekkah. Tapi alhamdulilah sore tadi sudah selesai,” tuturnya.

Menariknya, proses ini juga mencatat momen spesial bagi putra Bupati Ipuk yang kini telah memasuki usia pemilih. “Ini akan menjadi kali pertamanya ikut serta dalam pesta demokrasi sebagai pemilih pemula. Karena sudah berusia 17 tahun,” Qowim menjelaskan.

Dengan terselenggaranya coklit keluarga Bupati, Kabupaten Banyuwangi resmi menuntaskan proses ini untuk seluruh 1.361.025 pemilihnya. Qowim menekankan signifikansi tahapan ini dalam menjaga integritas data pemilih. “Kami berusaha semaksimal mungkin untuk menjaga kepercayaan masyarakat dengan memastikan data pemilih yang valid dan akurat,” tegasnya.

Selanjutnya, Pantarlih dan PPS akan melakukan peninjauan ulang selama sepekan sebelum data diunggah sebagai Data Pemilih Sementara (DPS). Langkah ini merupakan bagian dari komitmen KPU Banyuwangi dalam menyajikan data pemilih yang kredibel dan terkini, guna mendukung kelancaran pesta demokrasi yang akan datang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.