Etape Satu Tour de Banyuwangi Ijen: Ajang Pembuktian Para Sprinter Melintasi 136,2 Kilometer

by -431 Views
Wartawan: Teguh Prayitno
Editor: Herry W. Sulaksono
iklan aston

Banyuwangi, seblang.comInternational Tour de Banyuwangi Ijen (ITdBI) resmi dimulai pada Senin (22/7/2024). Etape pertama menghadirkan tantangan bagi para pembalap dengan rute sepanjang 136,2 kilometer, dimulai dari SMKN 2 Tegalsari dan berakhir di kantor Pemkab Banyuwangi.

SMKN 2 Tegalsari, sebuah sekolah vokasi yang berlokasi di kawasan pondok pesantren, dipilih sebagai titik start etape pertama. Pemilihan lokasi ini bertujuan untuk memperkenalkan tradisi pesantren kepada ratusan pembalap dari berbagai negara.

iklan aston

Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani menjelaskan, ini salah satu upaya mengkampanyekan nilai-nilai toleransi. “Tradisi pesantren merupakan ikon pendidikan asli nusantara yang mempunyai sejarah panjang dalam menyemaikan nilai-nilai Islam yang penuh damai. Inilah yang ingin kami sampaikan kepada pembalap dan khalayak luas.”

Ipuk menambahkan bahwa saat sesi sign-on di lokasi start, para rider juga akan dikenalkan dengan budaya sarung di Indonesia. “Tour de Ijen kita manfaatkan juga untuk mengenalkan tradisi dan budaya-budaya nusantara, khususnya Banyuwangi. Harapannya ini bisa memberikan kesan berbeda yang tidak mereka temukan saat mengikuti kompetisi serupa di negara lain,” ujarnya.

Chairman TdBI Guntur Priambodo menerangkan bahwa etape satu akan menjadi ajang pembuktian bagi para sprinter karena didominasi lintasan-lintasan datar. “Etape satu akan didominasi lintasan flat, ada tiga titik sprint yang bisa dimanfaatkan para sprinter untuk memburu poin,” kata Guntur.

Tiga titik sprint tersebut berada di KM 42,4 Kalipahit, KM 66,8 Kantor Camat Srono, dan KM 97,2 Karangsari. Guntur menambahkan, “Pada etape satu kemungkinan besar juaranya adalah pembalap sprinter. Tapi semua pembalap masih memiliki peluang yang sama.” (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.