Sosialisasikan Bahaya Napza Dan Makanan Bergizi, SSK SMPN 1 Turen Ingin Muridnya Memiliki Berprestasi

by -479 Views
Wartawan: Achmad Suseno
Editor: Herry W. Sulaksono
Ket foto. Siswa siswi SMPN 1 Turen kabupaten Malang saat mengikuti sosialisasi SSK
iklan aston

Malang,  seblang.com – SMPN 1 Turen Kabupaten Malang menyosialisaikan model Sekolah Siaga Kependudukan (SSK) dimana dalam kegiatannya siswa siswi dibekali materi menjaga kesehatan reproduksi, bahaya narkotika dan makanan bergizi agar nantinya para siswa siswi memiliki prestasi dan menjauhi bahaya narkotika.

Menurut Wakil Ketua Program SSK SMPN 1 Turen, Bina Darul Zifa, kegiatan ini diikuti oleh semua siswa siswi kelas 8 dan kelas 9, dimana materi yang disosialisasikan bahaya narkotika, psikotropika dan zat adiktif dan makanan bergizi serta menjaga kesehatan reproduksi.

iklan aston

Kegiatan ini langsung disampaikan oleh narasumber dari penyuluh kesehatan masyarakat dari Puskesmas Kecamatan Turen.

Ket foto. Duta SSK SMPN 1 Turen

“Ada setidaknya 10 kegiatan yang diprogramkan melalui SSK ini. Setelah ini, dilanjutkan sosialisasi seperti pencegahan pernikahan dini mendatangkan penyuluh KUA, juga terkait pangan bergizi untuk mencegah stunting,” kata Wakil Ketua Program Sekolah Siaga Kependudukan SMPN 1 Turen, Bina Darul Zifa, Selasa (16/7/2024).

Melalui proses pemberian bantuan konseling dari teman sebaya kepada individu dalam rangka membantu menyelesaikan masalah dari individu melalui keberadaan kader SSK juga disiapkan.

“Jadi untuk menunjang sosialisasi sewaktu-waktu, ditunjuk Duta juga Pojok SSK, yang berisi semua informasi pola hidup yang positif dan baik,” ungkap Zifa.

Di Pojok SSK ini, terdapat semua informasi dalam bentuk kreasi mading, yang berkaitan dengan kependudukan, pola hidup yang baik, kesehatan, juga keluarga.

“Nantinya setiap kader SSK, juga dilatih untuk bisa menjelaskan informasi apapun yang penting terkait pola hidup keluarga dan kependudukan tersebut,” bebernya.

Sementara itu, Sekretaris Program SSK SMPN 1 Turen, Rike Widya Lestari, mengungkapkan, 10 kegiatan pilihan yang harus dalam program SSK, disesuaikan dengan usia anak-anak dan remaja.

“Kegiatan lebih banyak sesuai usia remaja. Untuk sosialisasi bahaya Napza misalnya, diberikan karena usia anak SMP ini masih suka coba-coba dan gampang terpengaruh orang lain. Sementara, mereka belum tahu bahayanya gimana,” tandas Rieke.

Kegiatan lainnya yang sudah direncanakan, seperti mengenalkan makanan sehat dan bergizi, untuk semua siswa di SMPN 1 Turen. Ini dilakukan, dengan memberi nutrisi bergizi tambahan pada makanan sehat yang sudah dibawa anak dari rumah.

“Kami juga merencanakan kegiatan lain, seperti pengenalan makanan sehat bergizi, agar nantinya para siswa siswi disini memahami apa itu makanan bergizi, dan dengan memberi nutrisi bergizi tambahan pada makanan sehat dimulai anak dari rumah,” pungkas Rieke.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.