Gelar Gerak Jalan Sehat Dan Bersih Hijau, MPC PP Kota Malang Promosikan Gaya Hidup Sehat Dan Peduli Lingkungan

by -150 Views
Ket foto. Ketua MPP Pemuda Pancasila Kota Malang Ripkianto
iklan aston

Malang, seblang.com – Untuk menciptakan lingkungan bersih dan hijau serta tubuh sehat, Majelis Pimpinan Cabang (MPC) Pemuda Pancasila Kota Malang menggelar gerak jalan sehat dan bersih hijau lingkungan di Jalan Simpang KH Yusuf Kelurahan Tasik Madu Kecamatan Lowokwaru Kota Malang, Minggu (14/07/2014).

Dengan tagline ‘Kami Sehatkan tubuh, Bersihkan Bumi’MPC PP Kota Malang dengan membersihkan dan mengumpulkan sampah yang di lokasinya sering dijadikan tempat membuang sampah sembarang di wilayah Tunggul Wulung kota Malang.

iklan aston

Menurut Ketua MPC PP Kota Malang Ripkianto, ST, MT dalam sambutannya mengajak seluruh anggota PP dan menggandeng seluruh elemen masyarakat untuk lebih perduli dengan menciptakan lingkungan yang lebih hijau dan bersih.

“Tujuan dari kegiatan ini yang pertama adalah kemanfaatan sosial Pemuda Pancasila kepada masyarakat dan lingkungan sekitarnya, kita tunjukkan bahwa kita punya sisi nilai kebaikan Pemuda Pancasila,” ungkap Ripkianto pada awak media.

Pihaknya mengajak anggota Pemuda Pancasila mencintai lingkungan dengan melakukan hal terkecil, seperti turut menjaga lingkungan sekitar tetap bersih sehingga masyarakat disekitar sehat semua.

“Jadi harapan saya kegiatan ini tidak hanya di minggu ini saja , tapi nanti pada minggu ke 3, kami akan mengadakan lagi jalan sehat dan setelah 3x MPC PP mengadakan, maka serentak akan dijalankan juga di seluruh semua PAC yang ada di kota Malang,” kata Ripkianto.

Dirinya mengungkapkan jika kedepannya akan ada program besar yang akan dijalankan dimana Dinas Lingkungan Hidup (DLH) harus bisa mengolah sampah dengan baik.

“Dan itu programnya darI bapak Jokowi dimana sampah yang bahannya plastik, terutama sampah plastik akan diolah dan dijadikan biji plastik,” beber Ripkianto.

Berbicara konstruksi Indonesia, Ripkianto mengungkapkan bahwa tahun kemarin dirinya sudah menjalankan yang namanya pengolahan Sampah plastik menjadi aspal plastik.

“Jadi hotmix ini sudah dicampur dengan plastik, dan diwajibkan semua pabrik harus menggunakan aspal plastik dengan tujuan ramah lingkungan,” jelasnya.

Beberapa waktu yang lalu Ripkianto mengikuti pelatihan di Bali terkait pengolahan Sampah plastik dimana Jokowi menyatakan pengolahan limbah sampah plastik yang di olah menjadi aspal plastik adalah untuk mengurangi sampah plastik.

“Bukan hanya Malang saja, bukan hanya di Indonesia saja tapi sampah plastik sudah menjadi PR bersama buat dunia,” ungkapnya.

Ripkianto menegaskan persoalan dan penanganan sampah plastik tidak bisa di tunda jika tidak dari sekarang kapan lagi.

“Dengan menggunakan organisasi PP membersihkan perkampungan serta bersinergi dengan beberapa kelurahan dan DLH,” imbuhnya.

Sementara itu, Sekretaris Kelurahan Tasikmadu, Dwiyoga Mardiyanto, menyampaikan apresiasi pada MPC PP Kota Malang yang memberikan pemahaman pada masyarakat tentang hidup sehat dan bersih yang dimulai dari lingkungan terkecil ini.

“Kami atas nama pemerintah mengucapkan terima kasih, wilayahnya telah bersih, dan tadi saya lihat juga ada tanda agar tidak dibuangi lagi oleh masyarakat, sehingga bisa dibuang di tempat yang sampah,” tandas Dwiyoga.

Pihaknya akan berkoordinasi dengan RT dan RW serta memberikan pemahaman pada warga masyarakat agar membuang sampah pada tempat yang telah disediakan.

“Kita tetap berkoordinasi dengan RT dan RW setempat serta masyarakat sekitar mensosialisasikan bahwa disini bukan tempat pembuangan sampah,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.