Ganti Ban Bocor Sopir Tertimpa Badan Truk Bermuatan Tebu di Jalan Pantura Situbondo

by -169 Views
Girl in a jacket

Situbondo, seblang.com – Surahman (54) sang sopir truk gandeng bermuatan tebu bernopol P 8312 UR asal Desa Manggisan, Kecamatan Tanggul, Kabupaten Jember, meninggal dunia dalam perjalanan Ke RSUD Asembagus karena tertimpa badan truk yang dikemudikan sendiri. Ia mengalami luka memar pada bahu kanan, memar pada tangan kanan, cedera di bagian kepala.

Truk yang dikemudikan Surahman terguling di jalur pantura Situbondo, tepatnya di jalan raya Desa Sumberejo, Kecamatan Banyuputih, Situbondo, Jawa Timur, Jumat, (5/7/2024).

iklan aston

Truk gandeng bermuatan tebu tersebut, juga menimpa seorang pejalan kaki yang sedang melintas, dengan korban Suwarsono asal Kecamatan Kalibaru, Kabupaten Banyuwangi, sehingga mengakibatkan pria 41 tahun mengalami luka lecet tumit kaki kanan, lecet tangan kanan, memar pada punggungnya.

Diperoleh keterangan, sebelum truk gandeng bermuatan tebu terguling di jalur pantura Situbondo, Surahman mengemudikan truknya melaju dari arah timur menuju ke arah barat. Saat melintas di lokasi kejadian ban kiri bagian belakang bocor, sehingga korban menghentikan laju truknya dan memarkir di bahu jalan sebelah utara.

Namun, saat korban mengganti ban yang bocor menggunakan dongkrak, dengan kondisi roda sebelah kiri sudah terlepas, dongkraknya tidak mampu menahan beban tebu muatannya, sehingga Truk gandeng terguling sebelah kiri. Bahkan, langsung menimpa sopir dan pejalan kaki yang sedang melintas.

Mengetahui sopir truk gandeng terkubur dengan berat sekitar lima ton tebu yang tertumpah ruah ke badan jalan aspal, petugas lantas Polres Situbondo memberlakukan sistem buka tutup, untuk mengantisipasi terjadinya kemacetan arus lalu lintas di jalur pantura Situbondo.

“Selain itu, kami juga mendatangkan excavator milik Pabrik Gula (PG) Asembagus, untuk mengevakuasi sopir truck yang tertimpa truck gandeng dan muatan tebunya,” ujar petugas lantas Polres Situbondo, yang tidak mau disebutkan namanya, Jumat (5/7/2024).

Kanit Gakkum Polres Situbondo Ipda Rachman mengatakan, jika penyebab Truk gandeng bermuatan tebu terguling itu, akibat dongkrak tidak dapat menahan beban muatan tebu yang diangkutnya, sehingga saat roda kiri bagian belakang dilepas, truick gandeng tersebut langsung terguling ke kiri.

“Selain menimpa sopir bernama Surahman, namun juga menimpa pejalan kaki bernama Suwarsono asal Kabupaten Banyuwangi,” kata Ipda Rachman.

Menurutnya, untuk jasad sopir langsung dibawa duka ke Desa Manggisan, Kecamatan Tanggul, Kabupaten Jember, sedangkan korban Suwarsono diperbolehkan pulang ke rumahnya atau rawat jalan.

“Setelah korban sempat menjalani perawatan di RSU Asembagus, Situbondo, mengingat korban hanya mengalami luka ringan,” pungkasnya. (Kadari)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.