Ketua TPPS Jember Gencar Sosialisasikan Penanganan Stunting, AKI dan AKB

by -1622 Views
Girl in a jacket

Jember, seblang.com  – Dalam rangka memperingati Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-31 tahun 2024 Ketua TPPS Jember Muhammad Balya Firjaun Barlaman (Gus Firjaun), didampingi oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak. Melakukan sosialisasi pencegahan AKI, AKB dan Stunting.

Salah satu program yang dilakukan adalah pemberian bantuan makanan tambahan (BMT) kepada ibu hamil dan balita stunting. Sosialisasi dilakukan di Kelurahan Mangli, Kecamatan Kaliwates dan Kantor Desa Jenggawah, Kecamatan Jenggawah.

iklan aston

“Pemberian BMT ini merupakan upaya kita agar mereka-mereka yang memiliki persoalan kesehatan. Baik itu ibu hamil, balita yang stunting, ini rata-rata itu faktor utamanya karena ketidakmampuan untuk mendapatkan makanan yg bernutrisi dan bergizi,” ucap Gus Firjaun, Rabu (3/7/2024).

“Sehingga kami (Pemkab Jember) dan DP3AKB memberikan makanan tambahan. Mudah-mudahan bisa bermanfaat bagi masyarakat,” sambungnya.

Pihaknya juga mengimbau kepada RT dan RW se Kabupaten Jember, untuk selalu intens memantau keadaan warganya.

“Entah itu dalam keadaan apapun, baik itu soal kemiskinan dan terutama kesehatan. Karena anak-anak ini generasi penerus bangsa, yang diharapkan tahun 2045 menjadi generasi emas,” ungkapnya.

Sehingga, lanjut Gus Firjaun, semisal ada warga yang sedang hamil dan balita stunting harus dicatat. Serta mereka diajak untuk datang ke posyandu, karena akan diperiksa secara berkala.

“Baik itu berkaitan dengan antropometri (menilai status gizi), peralatan pengukuran lingkar kepala, berat badan balita, semuanya lengkap di posyandu. Untuk melihat perkembangan dan pertumbuhan pada bayi. Agar tidak ada persoalan tumbuh kembang terhadap balita yang akan berpengaruh terhadap mental dan kemampuan berfikir,” ulasnya.

“Kemudian RT dan RW bekerjasama dengan posyandu, kalau perlu dijemput bagi warga yang tidak bisa hadir ke posyandu. Marilah ciptakan kolaborasi dan sinergi. Insyallah seluruh persoalan akan bisa diselesaikan bersama-sama,” tandasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.