Cegah Penyebaran Virus Penyakit Mulut dan Kuku Pemerintah Pusat Kucurkan Bantuan 40 Ribu Vaksin Bagi Peternak Banyuwangi

by -70 Views
Vaksin yang siap diberikan kepada para peternak disimpan sementara di Kantor Pertanian Kabupaten Banyuwangi
Girl in a jacket

Banyuwangi, seblang.com – Dalam upaya mencegah dan menanggulangi penyebaran virus Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) atau Foot and Mouth Disease (FMD) pemerintah pusat memberikan bantuan 40 ribu Vaksin kepada Dinas Pertanian Kabupaten Banyuwangi

Sampai dengan 2 (Dua) bulan terakhir, di wilayah Banyuwangi sudah ini tidak ada laporan kasus hewan ternak yang terkena Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) atau Foot and Mouth Disease (FMD).

iklan aston

Pernyataan tersebut disampaikan oleh Menurut Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Banyuwangi melalui Kepala Bidang Kesehatan hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner Drh. Nanang Sugiarto di kantornya pada Selasa (2/7/2024).

Menurut dia meskipun tidak ditemukan kasus hewan yang terkena PMK tetapi proses Standar Operasional Prosedur (SOP) untuk vaksinasi tetap dijalankan, baik untuk hewan ternak yang sudah mendapatkan vaksin, yang pernah belum divaksin atau vaksin ulangan dan sudah mendapatkan vaksin booster yang ketiga kali ini terus kita lakukan

“Kemarin supporting dari pemerintah pusat melalui pemerintah Provinsi Jawa Timur juga memberikan vaksin untuk dilakukan vaksinasi sebanyak 40.000 dosis yang kita optimalkan di bulan Juni dan bulan Juli ini,” ujar Nanang.

Selain itu Bidang Kesehatan hewan kepada masyarakat tetap menyampaikan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) atau Foot and Mouth Disease (FMD) masih ada karena zona kita masih di anggap zona merah karena penyakit PMK adalah penyakit hewan menular strategis.Ketika masih ada kejadian satu itu menjadikan di satu wilayah tetap harus waspada dan sebagainya, tambah Nanang.

Yang cukup menggembirakan, menurut Nanang realitas di lapangan, masyarakat sampai saat ini sangat paham ketika waktu hewanya vaksinasi dan lain sebagainya. Termasuk kemarin pada saat Idul Adha, hewan ternak mau dilalu lintaskan antar provisin juga wajib di vaksin dan petugas melakukan vaksinasi.

Memasuki musim panca roba menurut dia, tidak ada yang urgendan yang spesifik bagi para peternak sudah paham bahwa musim-musim seperti ini kan memang ada musim hujan, musim kemarau dan masa panca roba.

“Mereka sudah harus menyiapkan kesehatan hewannya sekiranya peningkatan gizi diperlukan dan jangan lupa tetap diberikan obat cacing rutinitas 3 bulan sekali yang ini bisa membantu hewan ternak menjadi lebih sehat,” pungkas Nanang.

Sekadar informasi Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) atau Foot and Mouth Disease (FMD) adalah penyakit hewan yang sangat menular dan menyerang semua hewan berkuku belah/genap, seperti sapi, kerbau, babi, kambing, domba, termasuk juga hewan liar yang seperti gajah, rusa, dan lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.