Inovasi Dinas PU CKPP Banyuwangi Percepat Penerbitan PBG dengan Desain Prototipe

by -806 Views
Girl in a jacket

Banyuwangi, seblang.com – Dinas Pekerjaan Umum, Cipta Karya, Perumahan dan Permukiman (PU CKPP) Banyuwangi menyediakan desain Prototipe dalam memfasilitasi penerbitan Persetujuan Bangunan Gedung (PBG).

Inovasi ini diharapkan dapat mempercepat proses perizinan mendirikan bangunan maupun gedung yang selama ini sering dikeluhkan masyarakat.

iklan aston

“Kami mendengar ada keluhan tentang lamanya keluar PBG/SLF itu karena aturan yang mengikat. Seperti pengajuan PBG harus melalui sidang TPA karena memang diatur dalam PP No 16 Tahun 2021, dan ini berlaku secara nasional, bukan hanya di Banyuwangi. Padahal itu mungkin bangunan sederhana. Nah kami mencoba memfasilitasi masalah itu sesuai instruksi Bupati Ipuk dengan menyediakan desain Prototipe,” kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas PU CKPP Suyanto Waspo Tondo Wicaksono, Selasa (2/7/2024).

Yayan, panggilan akrabnya menjelaskan, prototipe yang disediakan mencakup berbagai jenis bangunan sederhana, termasuk rumah tinggal sederhana, rumah tinggal tunggal, tempat praktik bidan/perawat/dokter, apotek, toko tradisional, hingga rumah tradisional Oseng, sebagaimana yang tertuang di dalam Surat Keputusan Bupati Banyuwangi Nomor 188/522/KEP/429.011/2023.

“Pemohon PBG tinggal memilih desain prototipe yang telah disediakan secara gratis tersebut. Desainnya bisa dilihat di akun Instagram Dinas PU, di website, atau silakan datang ke Mal Pelayanan Publik lantai 2, atau Kantor PU,” Yayan menjelaskan kemudahan akses prototipe ini.

Menurut Yayan, keunggulan utama penggunaan prototipe adalah efisiensi waktu dan biaya. “Tentunya ini akan menghemat waktu dan biaya. Jadi mereka tinggal memilih desain yang ada, lalu bisa segera diajukan, tanpa harus menggunakan jasa konsultan teknis dan tidak perlu mengikuti sidang TPA,” tambah Yayan.

Prototipe yang disediakan telah melalui proses supervisi oleh konsultan dan Tim Profesi Ahli (TPA), sehingga sudah dinyatakan laik secara standar teknis. Hal ini mengeliminasi kebutuhan pemohon untuk menggunakan jasa konsultan atau mengikuti sidang TPA.

Hingga 28 Juni 2024, tercatat ada 1.217 dokumen PBG – SLF yang telah keluar izinnya, menunjukkan efektivitas program prototipe ini. Dinas PU terus gencar melakukan sosialisasi, termasuk membuka meja konsultasi pada Festival Arsitektur Nusantara (FAN).

“Desk dibuka pukul 08.00 sampai 14.00 mulai 26 Juni hingga 7 Juli mendatang,” ujar Yayan.

Dengan inovasi prototipe ini, Pemkab Banyuwangi berharap dapat mempercepat proses perizinan bangunan sekaligus mendorong pembangunan yang teratur dan sesuai standar di Bumi Blambangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.