Pengusaha Muda di Jember Jalankan Usaha Jasa Interpreter, Omzetnya Capai Ratusan Juta Perbulan

by -32 Views
Zakkyl Fikri Pratama di depan laptop
Girl in a jacket

Jember, seblang.com – Seorang pengusaha muda bernama lengkap Zakkyl Fikri Pratama menjalankan usaha jasa interpreter (penerjemah) berbagai bahasa.

Interpreter atau yang disebut juga juru bahasa sering dipakai oleh seseorang atau lembaga. Untuk menerjemahkan bahasa yang dipakai kliennya.

iklan aston

Namun demikian, kata pria warga Perum Puri Bunga Nirwana, Kecamatan Sumbersari itu. Profesi tersebut harus dilakukan oleh translator yang sudah tersumpah atau tersertifikasi HPI (Himpinan Penerjemah Indonesia).

Zakky mengungkapkan bahwa profesi interpreter itu langka dan bukan jadi cita-cita banyak orang di Indonesia.

“Industri ini (usaha penerjemah dan juru bahasa), masih awam di Indonesia. Sehingga saya menjadi pelaku usaha yang cukup minim (peminat) di Indonesia. Bahkan di Jember saya adalah satu-satunya layanan bahasa yang tersumpah dan tersertifikasi. Minimal tersertifikasi HPI (Himpunan Penerjemah Indonesia),” ucap Zakky saat dikonfirmasi di sela kegiatannya, Senin (1/7/2024).

Sedangkan untuk layanan penerjemah tersumpah (sworn translation) adalah layanan khusus untuk dokumen legal dan penerjemahnya telah disumpah oleh Kemenkumham.

“Layanan ini khusus kepada mereka baik perusahaan (B2B) atau individu (B2C) yang memiliki kegiatan administrasi di luar negeri. Misalnya Mahasiswa S2, S3, atau mereka yang sebelum mendapat beasiswa melakukan pendaftaran secara mandiri. Biasanya menerjemahkan KK, KTP dan lain-lain atau bagi perusahaan, misalnya menerjemahkan dokumen Akta Perusahaan, NIB, dan sebagainya. Nah, itu poin utamanya,” bebernya.

Selain itu, Zakky menjelaskan, profesi interpreter berbeda dengan aplikasi digital atau AI penerjemah bahasa asing.

“Nah yang membedakan kami dengan layanan AI, atau layanan dari aplikasi penerjemah umum, dalam menerjemahkan, Translation Transfer selalu melibatkan penerjemah penutur asli yang tentunya telah tersertifikasi. Jadi kalau ada klien yang membutuhkan jasa penerjemah (bahasa) Inggris ke Indonesia. Maka yang wajib menghandle adalah orang yang menguasai bahasa Indonesia juga Inggris,” ungkapnya.

“Kenapa demikian? Karena dengan begitu, kita bisa menciptakan sebuah karya bahasa yang berlaku wajar gaya bahasanya, pilihan kata dan maknanya. Sesuai dengan pemahaman calon pembaca produk itu,” sambungnya.

Dalam mengolah bahasa asing, seorang interpreter harus memahami adanya istilah khusus yang berlaku ditiap-tiap  bidangnya.

“Misalnya, untuk perusahaan produsen gadget, memiliki perbedaan penggunaan istilah dengan yang berlaku di industri produsen alat medis, beda lagi dengan hukum, bahkan untuk dunia hiburan seperti film. Itu ada karakteristik masing-masing,” ungkap Zakky.

Kemudian, Zakky juga mencontohnya perusahaan luar negeri, yang ingin memasarkan produknya ke Indonesia. Tentunya bisa menyampaikan pesan produknya melalui bahasa kepada target marketnya.

“Karena berdasarkan data, perusahaan yang mau berinvetasi pada layanan bahasa bisa meningkatkan penjualan hingga 7 persen. Sebab bisa memastikan bahwa produk saat proses marketing, dimengerti dengan tepat,” jelasnya.

Selain menjalankan layanan penerjemahan dan juru bahasa. Jasa Intrepeter juga sangat dibutuhkan pada saat adanya rapat penting yang diikuti oleh orang asing dalam jumlah banyak.

Salah satu contohnya, kata Zakky, saat itu perusahaannya menjadi salah satu penyedia layanan juru bahasa (interpreting service) pada kegiatan G20 Bali 2022.

“Untuk kegiatan G20 juga KTT kapan hari. Kita menggunakan alat yang namanya SIS, itu persis seperti transmiter dan receiver. Alat pengirim dan penerima sinyal suara. Jadi kita menerjemahkan, biasanya klien akan kita gunakan alat itu. Alat ini bisanya ditaruh ditelinga kemudian nanti bisa memilih pasangan bahasa. Tim kami akan menerjemahkan ke berbagai bahasa, sesuai permintaan klien,” ungkap Zakky.

Ditanya soal gaji seorang interpreter, berapakah per bulannya?

“Untuk omset, kami perusahaan start up yang sudah berdiri kurang lebih 6 tahun ini. Pendapatan kami rangenya (rentangnya) kurang lebih per bulan Rp 100-200 juta omsetnya,” tandasnya.//////

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.