Peserta BEC 2024 Masuki Penjurian Tahap Pertama di Agrowisata Tamansuruh Banyuwangi

by -232 Views
Girl in a jacket

Banyuwangi, seblang.com – Para peserta Banyuwangi Ethno Carnival (BEC) Tahun 2024 yang berjumlah 130 perwakilan dari desa-desa di Kabupaten Banyuwangi memasuki tahapan penjurian dengan mempresentasikan kostum dengan tema yang telah ditentukan panitia BEC tahun ini

Semua peserta BEC 2024 saat ini memasuki tahap penjurian yang dilaksanakan di area Agrowisata Tamansuruh (AWT) Desa Tamansuruh, Kecamatan Glagah, Banyuwangi Jawa Timur (Jatim) pada Kamis, (27/06/2024).

iklan aston

Tahun ini, Banyuwangi akan menggelar kembali rangkaian acara BEC yang mengusung tema “Ndaru Deso, Revival of Village” pada Sabtu, 13 Juli 2024 mendatang.

Melalui BEC diharapkan mampu melahirkan bentuk transformasi seni budaya tradisional ke dalam bentuk-bentuk baru yang lebih menarik untuk disajikan dan dinikmati.

Para dewan juri BEC 2024 dihadirkan secara khusus sesuai kategori penilaian yang dilombakan. Dewan juri tesebut adalah; Bambang Lukito, John A Rahmatullah, Sukirno Fajar, Almira, Ariska Ayu Citra.

Selain memberikan penilaian, para dewan juri juga memberikan arahan terkait apa saja yang dianggap belum maksimal. Hal tersebut tentu dimaksudkan untuk mencapai suatu peragaan busana kostum BEC yang baik.

Satu persatu sub-tema BEC 2024 diperagakan dengan bagus oleh para peserta, mulai dari; Warisan Budaya, Keindahan Alam, Atraksi Desa, Kuliner, Ekonomi Kreatif, Inovasi Tekhnologi dan Umum.

Menurut Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banyuwangi melalui, Kepala Bidang (Kabid) Pemasaran, Ainur Rofiq, pihaknya memberikan ucapan selamat kepada seluruh peserta BEC tahun 2024 ini.

Rofiq berpesan kepada seluruh pendamping dan tim yang terlibat untuk merespon dengan baik masukan yang telah diberikan para dewan juri demi memaksimalkan tampilam ketika peserta memasuki presentasi ke-2 pada 9 Juli 2024 mendatang.

“Tadi para dewan juri memberikan beberapa arahan, mohon untuk dilakukan sebaik-baiknya. Karena arahan dari para dewan juri tersebut merupakan kunci dari kesuksesan para peserta semua untuk mendapatkan nilai yang sempurna,” ujar Ainur.

Pada penyelenggaraan BEC ke-12 Tahun 2024 ini, para peserta akan melakukan start parade di Kawasan Taman Blambangan dan finish di depan kantor Kecamatan Banyuwangi dengan menempuh jarak sekitar 2 km.

Pagelaran BEC tahun ini akan berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Dimana pada gelaran kali ini ada rangkaian acara yang dimulai 10 sampai dengan 14 Juli 2024. Bag warga Banyuwangi maupun wisatawan yang ingin menikmati sajian atraksi yang spektakuler, unik dan mempesona silahkan catat tanggal mainya. Adapun jadwal rangkaian kegiatan BEC Tahun 2024 adalah; 10-14 Juli- Creative Expo di Lorong Bambu Gesibu Blambangan, menampilkan berbagai produk kreatif dan UMKM lokal.

Pada 11 dan 12 Juli 2024 agenda Srawung Seni di Gesibu Blambangan, pertunjukan seni dan budaya tradisional Banyuwangi dan luar daerah yang menarik dan memukau.

Selanjutnya pada 13 Juli 2024 acaa Grand Carnival BEC di Jl. Dr. Soetomo, Taman Blambangan yang merupakan puncak acara BEC 2024 dengan parade kostum spektakuler dari berbagai desa di Kabupaten Banyuwangi.

Kemudian pada 14 Juli 2024 dijadwalkan acara malam penghargaan bagi para peserta BEC 2024 (Awarding BEC 2024) di Gesibu Blambangan Blambangan.

Dalam malam malam penghargaan bagi para peserta BEC 2024 penonton bisa menikmati musik dan bergoyang bersama beberapa artis papan atas Banyuwangi antara lain; Wandra Restusiyan, Suliyana dan Kezya Filano (DAcademy 5) yang siap mengguncang panggung Showtime BEC 2024.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.