Puluhan Armada Baru Perkuat Layanan Kesehatan di Pelosok Banyuwangi

by -2750 Views
iklan aston

Banyuwangi, seblang.com – Jalan berbatu dan medan sulit tak lagi jadi penghalang. Itulah yang kini dirasakan para tenaga kesehatan di 13 Puskesmas terpencil Banyuwangi.

Berkat inisiatif Bupati Ipuk Fiestiandani, mereka kini dilengkapi  armada baru: 26 kendaraan operasional yang siap menjelajah pelosok desa.

iklan aston

“Jemput bola jadi lebih mudah sekarang,” ujar dr. Yulius Roni Satrio, Kepala Puskesmas Sumberagung, dengan senyum lega. Puskesmasnya baru saja menerima dua motor tangguh – satu trail dan satu lagi khusus dimodifikasi untuk keperluan medis.

Bagi warga Dusun Sukamade, Kandangan, atau Rajegwesi, berita ini bak oase di padang pasir. Tinggal di kawasan hutan dan perkebunan membuat mereka sering terisolasi dari layanan kesehatan. Kini, harapan itu tumbuh. “Dulu 10 hari sekali, sekarang tiap pekan bisa dapat layanan,” tambah dr. Roni antusias.

Keputusan ini bukan tanpa dasar. Bupati Ipuk sendiri telah merasakan langsung sulitnya akses ke daerah-daerah ini. Ia bahkan pernah bermalam di Dusun Sukamade, menyaksikan perjuangan para tenaga medis.

“Ini bukan sekadar bantuan kendaraan,” kata Bupati Ipuk saat menyerahkan kendaraan operasional kepada Puskesmas Sumberagung, di sela kegiatan Bupati Ngantor di Desa (Bunga Desa), di Desa Sumberagung Kecamatan Pesanggaran, Selasa (25/6/2024).

“Ini wujud komitmen kami untuk kesehatan seluruh warga Banyuwangi, tak peduli seberapa jauh mereka tinggal,” imbuhnya.

Kendaraan operasional ini, jelas Ipuk, untuk memudahkan tenaga kesehatan dalam menjalankan tugasnya di wilayah-wilayah yang sulit dijangkau. “Jenis kendaraannya juga disesuaikan dengan kondisi wilayahnya,” terang Bupati Ipuk.

Dengan armada baru ini, mimpi tentang layanan kesehatan merata di Banyuwangi kian dekat dengan kenyataan. Sementara roda-roda kendaraan baru mulai berputar, harapan akan hidup yang lebih sehat pun mulai bergulir di hati warga pelosok Banyuwangi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.