Sekretaris DPRD Banyuwangi Ungkap Kunci Sukses Raih Penghargaan JDIH Terbaik

by -2848 Views
Girl in a jacket

Banyuwangi, seblang.com – Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Banyuwangi berhasil meraih penghargaan sebagai Pengelola Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum (JDIH) Terbaik kategori Sekretariat DPRD se-Jawa Timur.

Penjabat (Pj) Gubernur Jatim Adhy Karyono secara langsung menyerahkan penghargaan kepada Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Banyuwangi M. Yanuarto Bramuda dalam upacara peringatan Hari Lahir Pancasila di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, pada Sabtu (1/6) lalu.

Sekretaris DPRD Banyuwangi, Alief Rachman Kartiono, yang turut hadir dalam momen tersebut mengakui bahwa pada awalnya tidak ada kesiapan khusus berkenaan dengan JDIH. Pasalnya, ia baru pertama kali ini bertugas di Sekretariat DPRD. Terlebih, ada ketentuan penilaian JDIH fifty-fifty. “Artinya, penilaian 50 persen JDIH pemkab dan 50 persen JDIH Sekretariat DPRD,” jelasnya.

Menghadapi situasi tersebut, pihaknya langsung bergerak cepat menyiapkan berbagai hal, termasuk perpustakaan dan lain sebagainya. “JDIH Pemkab Banyuwangi menjadi acuan kami, mengingat prestasinya sebagai juara di tingkat nasional,” ungkapnya.

Oleh sebab itu, Sekretariat DPRD berkolaborasi dengan Dinas Komunikasi, Informatika, dan Persandian (Diskominfo) Banyuwangi dalam menyiapkan aplikasi JDIH dengan baik.

“Alhamdulillah, kami mendapat kepercayaan meraih penghargaan Pengelola Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum (JDIH) Terbaik kategori Sekretariat DPRD se-Jawa Timur, meski dengan persiapan Sekretariat DPRD berkaitan JDIH sangat cepat,” ungkapnya.

Meski demikian, Alief menegaskan bahwa pihaknya tidak akan berpuas diri dengan pencapaian ini. “Kami akan segera berproses untuk meningkatkan ini semua. Setidaknya bisa menyamai JDIH Pemkab Banyuwangi,” pungkasnya.

Penghargaan ini semakin memperkuat posisi Banyuwangi sebagai daerah yang unggul dalam pengelolaan informasi hukum. Selama empat tahun beruntun sejak 2020 hingga 2023, JDIH Banyuwangi telah dinobatkan sebagai yang terbaik tingkat nasional oleh Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia.//////

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.