Lewat Kebugaran Satria Nusantara, Kadispora Jember Ajak Masyarakat Gemar Berolahraga

by -741 Views
iklan aston

Jember, seblang.com – Pemerintah Kabupaten Jember melalui Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) mengapresiasi adanya Festival Kebugaran Satria Nusantara.

Kadispora Jember Edy Budi Susilo menyampaikan, keberadaan Lembaga Seni Pernapasan Satria Nusantara (LSP SN) menjadi salah satu alternatif masyarakat, untuk mewujudkan fisik dan psikis yang prima.

iklan aston

“Hari ini kita sama-sama menyaksikan festival kebugaran nusantara. Saya pikir (olahraga) ini sangat bagus sekali untuk masyarakat, karena memang satria nusantara bagian dari cabang olahraga masyarakat untuk segala usia,” ucap Edy saat dikonfirmasi sejumlah wartawan, Minggu (9/6/2024).

“Saya pribadi sangat mengapresiasi karena ini olahraga seni pernafasan yang bisa memperpanjang usia,” sambungnya.

Acara yang digelar di Gedung KAUJE Universitas Jember itu terselenggara atas dukungan Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Pemkab Jember.

“Ada 13 kabupaten kota se jawa timur, yang hadir di jember. Mereka mengikuti festival ini, dengan berbagai lomba yang dipertandingkan,” ujarnya.

Pihaknya menambahkan, Dispora Jember akan berkoordinasi dengan KORMI setempat untuk memastikan bahwa olahraga Satria Nusantara betul-betul sudah ada di Jember.

“Akan kami pastikan pengurusi di Jember apakah sudah ada sampai tingkat kecamatan, desa, hingga RT dan RW. Karena tetap produktif di segala usia itu juga paling penting,” tutupnya.

Terpisah Ketua LSP SN Jember Kholid Ashari mengatakan, Festival kebugaran yang digelar di Jember ini diikuti oleh 250 peserta dari 13 Kabupaten/Kota di Jawa Timur.

Serta dibagi menjadi beberapa kategori berdasarkan usia, yakni kategori usia 30-40 tahun, kategori 41-50 tahun, dan kategori 51 sampai 60 tahun ke atas.

“Memang latar belakangnya untuk menggerakkan masyarakat supaya senang berolahraga. Satria Nusantara bagian dari olahraga anaerobik, yang berbeda dengan olahraga aerobik lainnya,” ucap Kholid.

“Apalagi jargonnya adalah sembuh, sehat saudara,” imbuhnya.

Apalagi, olahraga pernafasan merupakan anaerobik yang bisa membantu meningkatkan kekuatan dan kepadatan tulang dan serta menurunkan risiko osteoporosis

“Ini termasuk olahraga anaerobik yang mampu meningkatkan daya tahun tubuh. Khusus laki-laki jika melakukan olahraga ini secara rutin, maka akan menambah stamina,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.