Ketua TPK Desa Benculuk Banyuwangi Diduga Tak Banyak Difungsikan

by -3194 Views
Wartawan: M Yudi Irawan
Editor: Herry W. Sulaksono
Foto : Kantor Desa Benculuk, (yud).
iklan aston

Banyuwangi, seblang.com – Program pembangunan di Desa Benculuk Kecamatan Cluring tahun Anggaran 2024, menyadi sorotan dari sejumlah pihak. Salah satunya dari Pemerintah Kecamatan Cluring. Lantaran, selain diduga kurang transparan susunan Tim Pelaksana Kegiatan (TPK) diduga juga tidak melibatkan unsur lembaga kemasyarakatan desa atau masyarakat.

Bahkan, ketua TPK di desa setempat, mengaku tidak banyak tahu alur anggaran Dana Desa (DD) yang direalisasikan untuk program pembangunan dan pemberdayaan masyarakat di desanya.

iklan aston

Hal ini dijelaskan Haniful Adib Ketua Tim Pelaksana Kegiatan Desa (TPK) Benculuk. Ketika dikonfirmasi terkait keterlibatannya menjadi ketua TPK, pihaknya mengaku tidak banyak tahu dan tidak banyak dilibatkan dalam proses pembangunan program di desanya.

Malahan, saat dikonfirmasi terkait SK TPK dari kepala desa, dia menjawab jika SK tersebut ada di desa. Selain itu, saat ditanya terkait siapa yang mencari, membayar upah tukang dan kuli, termasuk pembelanjaan material pembangunan, Kepala Dusun Kebonsari, Desa Benculuk, ini hanya menjawab seluruhnya ditangani Misbahul Munir selaku Kaur Perencanaan Desa yang juga sebagai Pelaksana Kegiatan (PK) pembangunan desa.

“Itu semua yang nangani PK. TPK dibuatkan SK, tapi surat keputusan kepala desa itu ada di desa, tidak diberikan ke saya,” terang Haniful Adib, Selasa (07/05/2024).

Hal senada dikatakan Yayak, seorang warga yang diberdayakan di program pembangunan desa, Saat dikonfirmasi warga Dusun Rejosari, Desa Benculuk, ini mengaku selama dia dilibatkan dalam proyek pembangunan Desa Benculuk, yang dianggarkan melalui Dana Desa (DD) Tahun 2024, hanya berkomunikasi dengan PK pembangunan.

“Upah saya yang bayar PK, masak ketua TPK nya gak tahu, saya langsung sama PK nya. Ia konfirmasi ini nanti tak sampaikan ke PK nya,” terang Yayak, melalui sambungan whatsapp pribadinya, Kamis (30/05/2024).

Dikonfirmasi terpisah, Misbahul Munir Kaur Perencanaan Desa Benculuk yang juga sebagai PK Pembangunan desa setempat membenarkan hasil konfirmasi kedua warga tersebut.

“Siap benar,” jawab Misbahul Munir, Senin (03/06/2024).

Saat disinggung soal susunan TPK yang diduga tidak melibatkan unsur lembaga kemasyarakatan desa, dan atau masyarakat, ia mengaku jika seluruh unsur sudah ia libatkan.

“Semua saya libatkan,” jelasnya.

Sebelumnya, Sekretaris Desa Benculuk, Subani saat dikonfirmasi terkait keterlibatan kaur perencanaan desa sebagai PK pembangunan, menurutnya sudah benar. Karena unsurnya, adalah kasi dan kaur.

“Sudah benar kok. Konfirmasi ke pak kepala desa saja,” jawab penanggung jawab seluruh administrasi desa tersebut, kamis (30/05/2024).

Sementara itu, M. Mudhofir M.Pdi Kepala Desa Benculuk, saat dikonfirmasi di kediamannya mengaku jika Pemerintah Kecamatan Cluring, telah melakukan monev di kantor desanya.

“Ia kemarin ada monev dari pihak kecamatan,” jelas Kades Benculuk, Kamis (30/05/2024).**

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.