Toleransi Antar Warga Binaan Jadi Pesan Utama Kalapas Banyuwangi dalam Peringatan Hari Lahir Pancasila

by -414 Views
Wartawan: Hari Purnomo
Editor: Herry W. Sulaksono
iklan aston

Banyuwangi, seblang.com – Lembaga Pemasyarakatan Banyuwangi menyelenggarakan upacara memperingati Hari Lahir Pancasila tahun 2024. Dalam sambutannya, Kepala Lapas Agus Wahono menekankan pentingnya menjunjung tinggi nilai-nilai Pancasila, terutama toleransi dan saling menghargai di kalangan warga binaan.

Berdiri di hadapan pegawai dan perwakilan narapidana, Agus mengingatkan bahwa meski berasal dari latar belakang berbeda, warga binaan harus hidup rukun dan saling menghormati. “Wujudkan sikap toleransi dan saling menghargai sesama. Dengan hidup rukun, Lapas Banyuwangi akan aman dan kondusif,” pesannya dalam upacara bertajuk ‘Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045’.

iklan aston

Mengutip pidato Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila, Agus menyebut Pancasila merupakan nilai luhur yang menjunjung inklusivitas, toleransi, dan gotong royong dalam keberagaman. “Keberagaman adalah berkat yang dirajut dalam identitas Bhinneka Tunggal Ika,” imbuhnya.

Lebih lanjut, Agus menyerukan agar Pancasila senantiasa dijiwai dan dipedomani sebagai ideologi yang betul-betul dirasakan manfaatnya oleh seluruh rakyat Indonesia. Menurutnya, selain regulasi bernafaskan Pancasila, bangsa ini membutuhkan keteladanan beretika dari para pemimpin dan rakyatnya.

“Dengan semangat Pancasila yang kuat, saya yakin tantangan yang dihadapi bangsa dapat diatasi,” pungkas Agus mengakhiri sambutannya.//////

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.