PKK Desa Kembiritan Bekerja Sama dengan RSU Afdy Family Banyuwangi Berikan Layanan Kesehatan

by -883 Views
Wartawan: Hari Purnomo
Editor: Herry W. Sulaksono
iklan aston

Banyuwangi, seblang.com – Demam berdarah dengue (DBD) merupakan salah satu masalah kesehatan global yang serius. Penyakit yang ditularkan melalui gigitan nyamuk Aedes aegypti ini telah menjadi ancaman bagi masyarakat di berbagai belahan dunia, terutama di daerah tropis dan subtropis. Salah satu upaya utama dalam mengendalikan penyebaran DBD adalah dengan melakukan pemberantasan sarang nyamuk.

PKK Desa Kembiritan dalam kegiatan rutinnya di pendopo Desa Kembiritan Kamis (30/5/24) bekerja sama dengan pihak RSU Afdy Family  Banyuwangi yang didampingi dari pihak RSU dr.Oby , dr.Corina mengadakan sosialisasi tentang bahayanya DBD.

iklan aston

Selain itu PKK desa kembiratan dan utusan RSU Afdy Family datang langsung ke rumah masyarakat untuk melakukan pemeriksaan gula darah, tekanan darah ke masyarakat Desa Kembiritan.

Selain upaya-upaya di atas, Kepala Desa kembiritan Sukamto mengatakan edukasi kepada masyarakat juga memegang peranan penting dalam pemberantasan sarang nyamuk. Melalui kampanye-kampanye penyuluhan, bahkan juga sangat penting bagi pihak pemdes bekerja sama dengan pihak kesehatan untuk turun secara langsung ke masyarakat. “Dengan cara ini dapat diberikan pemahaman tentang pentingnya menjaga kebersihan lingkungan dan melakukan tindakan pencegahan DBD di tingkat rumah tangga,” tuturnya.

Kegiatan PKK desa kembiritan mendapatkan respons yang sangat baik dari masyarakat, karena program dari PKK sering turun langsung ke masyarakat yang memang betul-betul membutuhkan arahan -arahan serta bantuan dari pihak pemerintah.

Kepala Desa Kembiritan menambahkan kegiatan rutin Program PKK hari bukan hanya sosialisasi DBD namun juga memberikan layanan kepada masyarakat secara langsung dengan mandatanginya ke rumah masing – masing,untuk melakukan pengecekan kesehatan masyarakat secara langsung,

“Seperti halnya penderita penyakit stroke, mereka diberi obat dan juga di cek kesehatannya. Sedangkan untuk memberantas sarang nyamuk bukanlah tugas yang mudah, namun dengan kerja sama dan kesadaran bersama, kita dapat mengurangi risiko penyebaran DBD dan melindungi kesehatan masyarakat. Selalu ingat, pencegahan lebih baik daripada pengobatan. Jaga kebersihan lingkungan, jaga kesehatan diri, dan bersama-sama kita lawan DBD!,” pungkas Kepala Desa Kembiritan ini.///////

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.