Dinas PU CKPP Mulai Bongkar Pasar Banyuwangi untuk Revitalisasi

by -3143 Views
Girl in a jacket

Banyuwangi, seblang.com  –  Dalam rangka merealisasikan revitalisasi Pasar Banyuwangi, Pemerintah Kabupaten Banyuwangi melalui Dinas Pekerjaan Umum Cipta Karya Perumahan dan Permukiman (PU CKPP) telah memulai proses pembongkaran pada Jumat (24/5/2024).

Langkah ini diambil setelah tercapainya kesepakatan relokasi sementara para pedagang dan PKL Pasar Banyuwangi ke area Gedung Wanita Paramitha Kencana. Kesepakatan ini ditandai dengan tasyakuran pada Kamis (23/5), yang dihadiri oleh Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani beserta jajaran Forkopimda.

iklan aston

“Seusai tasyakuran, keesokan harinya pada Jumat (24/5), kami langsung melaksanakan pembongkaran Pasar Banyuwangi di sisi utara dan selatan,” terang Kepala Bidang Penataan Ruang Dinas PU CKPP Banyuwangi, Bayu Hadiyanto, Sabtu (25/5/2024).

Dijelaskan Bayu, pembongkaran ini merupakan bagian dari pendampingan dana APBN untuk Revitalisasi Pasar Banyuwangi yang akan dikerjakan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). “Pemerintah Kabupaten Banyuwangi bertanggungjawab untuk melakukan pembongkaran pasar dan menyediakan relokasi sementara bagi para pedagang,” jelasnya.

Lebih lanjut Bayu menjelaskan bahwa Kementerian PUPR akan hadir mengerjakan proyek revitalisasi setelah lokasi pasar sudah rata dengan tanah. “Namun ada bagian bangunan yang tetap kita pertahankan, yakni bagian muka pasar yang merupakan situs heritage. Sementara bangunan utama di dalam pasar bakal dibangun ulang,” jelasnya.

Sebelumnya, kata Bayu, target pembongkaran direncanakan pada 27 Mei 2024 untuk menyesuaikan dengan target proses pengadaan barang/jasa Kementerian PUPR akhir Mei. “Namun karena kesepakatan relokasi baru tercapai pada Kamis (23/5), kami mengupayakan percepatan agar progres tetap sesuai jadwal,” tambahnya.

Perlu diketahui, Revitalisasi Pasar Banyuwangi dan Kawasan Inggrisan ini dianggarkan sekitar Rp 200 miliar oleh Kementerian PUPR. Proses pembangunan direncanakan akan dimulai pada 2024 dan ditarget rampung dalam waktu setahun.

Selama proses tersebut, para pedagang akan menempati area relokasi sementara yang disiapkan oleh Pemkab Banyuwangi di area kawasan Gedung Wanita, tidak jauh dari lokasi pasar lama.

Menurut rencana, Pasar Banyuwangi akan dibangun dengan gaya modern, namun tetap mempertahankan arsitektur khas Osing, Banyuwangi. Pasar akan terdiri dari gedung utama dua lantai yang terbagi menjadi areal pasar basah, pasar kering, dan area kuliner. Untuk menunjang aktivitas, pasar juga akan dilengkapi dengan gedung parkir.

Dengan revitalisasi ini, diharapkan Pasar Banyuwangi dapat menjadi destinasi baru bagi wisatawan untuk berjalan-jalan dan menikmati kuliner lokal, sekaligus menggerakkan roda perekonomian masyarakat sekitar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.