Stasiun Banyuwangi Kota Bersolek dengan Kearifan Lokal

by -3193 Views
Wartawan: Nurhadi
Editor: Herry W. Sulaksono
iklan aston

Banyuwangi, seblang.com – PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 9 Jember terus berusaha meningkatkan pelayanan kepada pelanggan, salah satunya dengan melakukan pengembangan Stasiun Banyuwangi Kota yang berada di Kelurahan Bakungan, Kecamatan Glagah, Kabupaten Banyuwangi Jawa Timur (Jatim)

“Mulai bulan Maret telah dimulai pekerjaan untuk pengembangan Stasiun Banyuwangi Kota dan akan ditargetkan selesai sebelum akhir tahun 2024 ini,” ujar Manager Hukum dan Humas KAI Daop 9 Jember, Cahyo Widiantoro.

iklan aston

Cahyo menuturkan, pekerjaan yang dilakukan di stasiun yang dulunya bernama Stasiun Karangasem dan mulai berganti nama menjadi Stasiun Banyuwangi Kota sejak 1 Desember 2019 lalu antara lain dengan penambahan ruang tunggu penumpang, perluasan area parkir dan penambahan beberapa fasilitas pelengkap lainnya.

“Selama Bulan April 2024, sebanyak 71.568 pelanggan menggunakan kereta api dari Stasiun Banyuwangi Kota, artinya rata-rata setiap hari terdapat 2.386 penumpang yang naik dan turun di stasiun ini,” imbuh Cahyo.

Di antara beberapa stasiun kereta api yang berada di wilayah Banyuwangi yang menjadi tempat naik turun penumpang seperti Stasiun Ketapang, Stasiun Rogojampi maupun Stasiun Kalisetail, Keberadaan Stasiun Banyuwangi Kota menjadi stasiun dengan jumlah kepadatan penumpang tertinggi.

“Sebagai bentuk dukungan terhadap kebudayaan daerah, penataan Stasiun Banyuwangi Kota ini nantinya juga akan mengadopsi bentuk bangunan atau ornamen dari masyarakat Oesing, yang merupakan suku asli dan menempati wilayah Banyuwangi,” tambah Cahyo.

Meningkatnya minat dan animo masyarakat untuk berwisata di Kabupaten Banyuwangi dan lokasi stasiun yang cukup dekat dengan pusat kota serta beberapa destinasi wisata lain seperti; Taman Wisata Kawah Ijen, Desa Adat Kemiren dan yang lain membuat Stasiun Banyuwangi Kota menjadi tempat yang cukup strategis.

“Harapannya Stasiun Banyuwangi Kota yang merupakan salah satu pintu gerbang wisata, nantinya bukan hanya sebagai tempat naik turun penumpang, tapi juga menjadi ikon atau simbol baru yang bisa menjadi kebanggaan masyarakat Banyuwangi,” imbuh Cahyo.

KAI Daop 9 Jember juga menyampaikan permohonan maaf kepada para pelanggan yang biasa naik / turun di Stasiun Banyuwangi Kota yang kenyamanannya terganggu karena adanya pekerjaan proyek pengembangan stasiun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.