Banyuwangi Buka Museum Baru, Tampilkan Ribuan Koleksi Bersejarah

by -3171 Views
Wartawan: Teguh Prayitno
Editor: Herry W. Sulaksono
iklan aston

Banyuwangi, seblang.com – Peringatan Hari Museum Sedunia yang jatuh setiap 18 Mei menjadi momen istimewa di Banyuwangi dengan dibukanya museum baru yang menampilkan sejumlah koleksi bersejarah terkait Blambangan sejak abad ke-13.

Museum tersebut bernama Omahseum, berlokasi di Jalan Widuri, No. 21, Kelurahan Banjarsari, Kecamatan Glagah, Banyuwangi. Inisiatif ini datang dari seorang kolektor bernama Thomas Racharto.

iklan aston

Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani meresmikan langsung Omahseum dan memberikan apresiasi tinggi atas inisiatif tersebut. Menurutnya, museum ini menjadi sarana edukasi dan destinasi wisata baru yang penting.

“Saya sangat senang atas inisiatif Pak Thomas Racharto dan keluarga. Ini dedikasi yang penting untuk wahana edukasi dan wisata sejarah bagi siapa saja yang ingin mengenal Banyuwangi,” ungkap Ipuk.

Ipuk juga menyatakan bahwa pemerintah daerah siap untuk mengintegrasikan Omahseum dalam program promosi pariwisata di Banyuwangi. Letak strategis Omahseum yang berada di jalur wisata menuju ke Ijen dan Desa Adat Osing Kemiren diharapkan dapat menarik banyak pengunjung.

“Masyarakat kini memiliki pilihan museum baru selain Museum Blambangan dan Museum PIGGI (Pusat Informasi Geologi Geopark Ijen), yakni Omahseum,” tambah Ipuk.

Omahseum merupakan hasil dedikasi Thomas Racharto, yang telah mengoleksi benda-benda kuno sejak 1971. Koleksinya kini mencapai lebih dari 1.200 artefak, termasuk lingga, kendi, manik-manik, kitab kuno, keris, pedang, hingga fosil.

Salah satu koleksi yang menarik perhatian adalah naskah kuno Lontar Sritanjung, yang diyakini merupakan legenda asal usul nama Banyuwangi. Naskah ini rencananya akan diajukan oleh Perpustakaan Daerah sebagai IKON (Ingatan Kolektif Nasional) ke Perpustakaan Nasional.

Lontar Sritanjung dianggap sebagai koleksi langka dan memiliki nilai penting bagi sejarah serta kepercayaan masyarakat Blambangan. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.