Michael Wakil Ketua Dewan Optimistis Mampu Tuntaskan Persoalan Pertanian

by -3011 Views
iklan aston

Banyuwangi, seblang.com– Wakil Ketua DPRD Banyuwangi Michael Edy Hariyanto, menyatakan optimismenya melalui kebijakan pemerintah yang tepat persoalan sektor pertanian di Banyuwangi dapat diatasi.

Menurut Michael, fokus selama ini para petani hanya tertuju pada persoalan pupuk subsidi dan harga beras, sementara banyak aspek lain yang perlu diperhatikan dalam upaya meningkatkan kesejahteraan petani.

iklan aston

“Padahal untuk meningkatkan kesejahteraan petani bukan hanya lewat pupuk. Banyak sekali yang harus diketahui oleh petani,” ujar Michael, melalui sambungan WhatsApp (WA) pada Minggu (12/5/2024).

Dia menuturkan bahwa kunci utama terletak pada kebijakan pemerintah yang tepat dan mampu mendorong petani untuk meningkatkan produksi.

“Kalau hanya masalah pupuk itu kecil. Bisa itu hanya kebijakan,” tambahnya.

Salah satu solusi yang diusulkan politisi Partai Demokrat Banyuwangi Michael adalah dengan mendorong petani untuk beralih dari pupuk urea subsidi ke pupuk organik atau non-subsidi.

Program pengalihan penggunaan pupuk organik atau non-subsidi., menurutnya, akan membantu meningkatkan kualitas hasil panen dan mengurangi ketergantungan pada subsidi.

“Petani hanya mau menggunakan pupuk urea, mau praktisnya saja. Padahal itu salah,” ungkap Ketua DPC Partai Demokrat Banyuwangi ini.

Lebih lanjut Michael memberikan contoh negara-negara tetangga seperti Vietnam dan Thailand yang memiliki produksi padi tinggi bahkan bisa mengirim ke Indonesia termasuk Banyuwangi dengan harga yang murah.

“Harusnya petani di Vietnam dan Thailand protes semua karena harganya murah. Tapi kenapa kok tidak, malahan petaninya merasa kaya dan tersenyum semua. Hal ini karena produksi mereka tinggi,” jelasnya.

Dia mengungkapkan sampai kapanpun tidak akan ada perubahan kalau petani hanya menuntut persoalan pupuk dan harga. Padahal ada yang lain, yang bisa dituntut ke pemerintah yaitu tentang produksi.

“Kalau produksinya tinggi, pupuk tidak ada kata mahal,” pungkas Wakil Ketua DPRD Banyuwangi ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.