Ini Kata Kacabdin Jatim Tentang PPDB 2024

by -2636 Views
Girl in a jacket

Banyuwangi, seblang.com – Penerimaan peserta didik baru (PPDB) jenjang SMA yang sering menuai polemik diharapkan tidak terjadi lagi di PPDB 2024.

Juknis PPDB 2024 yang kini sudah mulai diperketat harus ditaati. Baik oleh sekolah maupun calon siswa yang akan mendaftar.

iklan aston

’’Kita berpegang pada aturan juknis, semua wajib mematuhi juknis PPDB 2024,’’ kata Ahmad Jaenuri, S.Pd., M.Pd., Kepala Cabang Dinas (Kacabdin) Pendidikan Jatim Wilayah Kabupaten Banyuwangi, Rabu (9/5/24)

Aturan PPDB saat ini menurut kacabdin lebih ketat jika dibandingkan dengan tahun lalu. Utamanya pada jalur zonasi. Dia berharap tidak lagi ada yang mengakali.

’’Tahun ini kami berharap tidak ada lagi yang mengakali, karena zonasi sudah dibagi jadi dua kategori. Persyaratan domisili juga diperketat,’’ jelasnya.

Nama wali calon siswa baru yang tercantum pada KK, tahun ini harus sama dengan orang tua atau wali yang tercantum pada rapor atau ijazah di jenjang sebelumnya.

Nama itu, juga nantinya harus cocok dan sesuai dengan nama yang tertera di akta kelahiran atau KK sebelumnya.

Ini kan sulit kalau mau mengakali seperti dulu. Kalaupun pindah KK, harus sekaligus dengan walinya,’’ ungkapnya.

Kacabdin tidak bisa memberikan kebijakan baru seperti melakukan survey lokasi untuk memastikan jika calon siswa betul-betul warga sesuai alamat di KK.

’’Selama bukti yang dilampirkan sesuai dengan ketentuan juknis, tentu tidak masalah. Kami bekerja sesuai juknis,’’ tegasnya.

Sistem zonasi yang baru memberikan keadilan bagi siswa dengan lokasi terdekat dengan sekolah.

Khusus untuk zonasi SMA dibagi menjadi dua kategori zona. Zonasi radius atau jarak terdekat, memiliki kuota 30 persen. Serta wilayah zonasi sebaran sebanyak 20 persen.

Zonasi sebaran itu untuk siswa yang berasal dari semua desa atau kelurahan dalam wilayah zonasi.

Dengan dibagi rata sejumlah desa dari wilayah dalam zonasi tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.